Pilihan Transportasi Umum di Ibukota Jakarta

Sebagai ibukota negara, Jakarta adalah sebuah kota yang sibuk dan tak pernah tidur. Jakarta juga sebagai pusat perekonomian membuatnya menjadi kota yang memiliki sejuta kegiatan dalam perkonomian. Hal ini menjadi salah satu penyebab bertambahnya banyaknya jumlah penduduk yang berbondong – bondong untuk mencari rezeki di Ibu kota Jakarta. Untuk menunjang semua itu, tentunya Jakarta memerlukan sebuah sarana transportasi yang memadai untuk mendukungnya. Sarana transportasi di Jakarta bisa dibilang cukup memadai mulai dari Taxi Jakarta, Bus, Angkot hingga Bajaj.

transportasi jakartaBagi kita yang tidak memiliki kendaraan sendiri, ataupun yang enggan menggunakan mobil karena kemacetan yang luar biasa di Ibukota ini pasti memilih menggunakan fasilitas transportasi umum. Banyaknya pilihan transportasi di Jakarta membuat kita terbantu dalam kebutuhan alat transportasi. Transportasi umum apa saja yang dapat kita gunakan di Jakarta, berikut daftarnya.

Taxi Jakarta
Bagi yang memiliki penghasilan lebih pastinya sering naik taxi Jakarta saat lebaran atau pas hari biasa sebagai alat transportasinya. Dengan kenyamanan yang ditawarkan, mulai dari mobil yang nyaman, ber AC, lebih privat karena hanya kita penumpangnya menjadi alasan mengapa taxi dipilih. Untuk membayar semua kenyaman tersebut tentunya kita harus membayar lebih mahal dibandingkan dengan transportasi umum lainnya.

Bus Jakarta
Bus merupakan salah satu alat transportasi massal yang murah. Terlebih lagi kini pemerintah kota Jakarta telah menyediakan Bus Trans Jakarta yang tentunya disiapkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang murah bagi warga Jakarta. Selain itu, banyak juga bus penunjang yang tidak dilalui rute bus Trans Jakarta yang dapat digunakan. Bahkan kini untuk masyarakat disekitar perbatasan Jakarta dapat menggunakan bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB) yang tentunya diperbolehkan untuk menggunakan dan mengangkut penumpang di halte busway.

Kereta
Kereta adalah alat transportasi massal yang paling banyak mengankut penumpang. Kereta biasanya digunakan oleh mereka yang tinggal di luar daerah jakarta seperti Bekasi, Bogor, Tanggerang, Depok. Tarifnya yang murah menjadi kereta salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan.

Bajaj
Bajaj atau dibacanya Bajai adalah kendaraan roda tiga yang sudah lama sekali digunakan sebagai alat transportasi di Jakarta. Bajaj biasanya hanya bisa dinaiki oleh maksimal 3 orang penumpang. Dengan menggunakan mesin 2 tak, bajaj tentunya sangat menghasilkan suara yang sangat bising terlebih lagi bagi penumpangnya. Namun dengan ukurannya yang kecil bajaj masih banyak dipilih karena dapat diandalkan dalam menerobos kemacetan Jakarta dan tentu saja ongkosnya yang sangat terjangkau. Bajaj kini memiliki 2 (dua) jenis yaitu yang berwarna oranye dan biru. Bajaj Oranye adalah bajaj lama yang bermesin 2 tak dan bajaj biru menggunakan bahan bakar gas atau dikenal juga dengan nama “kancil”.

Ojek Motor
Bukan hanya di Jakarta dikota – kota lain bahkan pedesaan juga pasti ada ojek sepeda motor. Bagi kita yang sangat mengejar waktu dan terburu – buru dapat mengandalkan alat transportasi ini karena dapat selap – selip ditengah kemacetan yang terjadi. Namun tentunya yang namanya sepeda motor, kita harus bersiap – siap untuk panas – panasan dengan terik matahari dan basah bila hujan turun.

Ojek Sepeda Ontel
Di Jakarta kita masih dapat menemukan ojek sepeda khususnya didaerah kota tua. Ojek sepeda ini menggunakan sepeda – sepeda tua yang suda antik. Namun ojek sepeda ini hanya melayani jarak dekat dan biasanya hanya untuk berkeliling daerah kota saja.

Itulah beberapa alat transportasi umum yang ada di Jakarta yang dapat menjadi pilihan sebagai angkutan umum. Tentunya dengan semua alat transportasi itu masih saja dirasakan kurang, oleh karena itu diperlukan perhatian pemerintah daerah Jakarta untuk terus meningkatkan pelayanan transportasi yang nyaman dan tentunya terjangkau pula oleh masyarakat.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0