Venue Event

Cari Sponsorship Itu Penting Lho untuk Event Kamu!

Jika kamu akan menggelar suatu event, pasti menginginkan berlangsung megah, ramai dan spektakuler. Namun untuk meraih hal tersebut pasti membutuhkan dana yang besar serta berbagai properti pendukung lainnya. Tak perlu khawatir, kamu bisa cari sponsorship.

Mencari sponsor bukanlah sebuah pekerjaan mudah yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Pernyataan ini rasanya tak berlebihan mengingat ada banyak orang yang terlibat di dalamnya serta membutuhkan prosedur panjang. Simak cara mudah gaet sponsor di bawah ini!

Venue Event

Pentingnya Memiliki Sponsor Sebelum Menggelar Event

 

Kehadiran sponsor amat penting untuk event yang kamu gelar, terlebih jika perusahan yang kamu miliki masih memiliki keterbatasan finansial. Simak beberapa manfaat yang akan kamu dapat saat menyelenggarakan acara menggunakan sponsorship.

Contoh benefit sponsor, kamu bisa mengubah acara biasa menjadi salah satu yang luar biasa. Contohnya kamu ingin menyelenggarakan acara di tempat yang besar namun memiliki biaya sewa yang belum mampu dijangkau.

Dengan bantuan sponsorship hal ini tidak lagi menjadi masalah. Menyelenggarakan event di sebuah ruang besar otomatis mampu menampung pengunjung dalam jumlah yang banyak. Ruang besar biasanya juga memiliki jalan yang mudah diakses serta fasilitas yang bagus. Lagi-lagi ini dapat menarik banyak pengunjung.

mencari sponsorship untuk event
Gambar: Unsplash/ Chis Liverani

Contoh benefit sponsor berikutnya, melalui sponsorship kamu bisa menambah value event yang diadakan. Kamu bisa menggunakan desain menarik dan modern yang akan mengundang rasa kagum pengunjung.

Sebagai contoh, kamu membuat acara musik dengan desain panggung modern dan spektakuler. Hal ini akan meningkatkan pengalaman penonton. Tak cukup sampai di situ, desain yang menarik akan lebih banyak diunggah ke sosial media. Tentu ini akan memberi banyak keuntungan, perusahaan yang kamu miliki semakin dikenal orang, promosi gratis, meningkatan jumlah interaksi sehingga berdampak pada penjualan.

Untuk mewujudkan acara semacam ini tentu membutuhkan anggaran yang tak sedikit. Dengan cari sponsorship hal ini bisa kamu capai.

Jika dalam satu acara yang kamu gelar sukses, tak menutup kemungkinan kesuksesan juga akan kamu raih pada event-event berikutnya. Kamu juga bisa menambah database konsumen, melalui tiket yang kamu jual. Dalam membeli tiket otomatis mereka akan mencantumkan data diri, seperti nama, nomor telepon hingga email. Saat kamu membutuhkan feedback, perlu melakukan promosi produk baru atau info lainnya maka dengan mudah kamu bisa menjangkau mereka.

 

Tahapan Cari Sponsorship untuk Event yang Akan Kamu Selenggarakan

 

Mencari sponsor event memang bukan pekerjaan mudah karena melibatkan banyak orang, kepiawaian dalam melakukan penawaran dan berbagai faktor yang sulit diprediksi lainnya. Begini tahapan cari sponsorship yang perlu dilakukan :

1. Tentukan Sponsor Berdasarkan Target atau Tema yang Dimiliki

Jika event yang kamu adakah berhubungan dengan anak muda, pastikan kamu mencari calon sponsor yang sesuai dengan minat mereka. Saat kamu menerapkan hal ini, secara tidak langsung kedua belah pihak akan diuntungkan.

2. List Setiap Sponsor Agar Tak Ada yang Terlewat

Catat daftar setiap calon sponsor yang akan kamu hubungi agar tidak ada yang terlewat. Dalam mencari sponsor sebaiknya dimulai sejak 3-6 bulan sebelum acara digelar. Tujuannya agar kamu memiliki banyak waktu untuk melakukan rencana cadangan apabila calon sponsor yang kamu datangi tidak berminat.

3. Tulis Strategi yang Akan Digunakan Saat Cari Sponsorship

Sebelum mendatangi sponsor, kamu perlu mempersiapkan beberapa strategi, seperti bagaimana konsep proposal yang akan kamu tunjukkan, cara untuk menjangkau calon sponsor apakah lewat email atau datang langsung dan sebagainya.

Penting juga untuk mengetahui seluk beluk tentang calon sponsor yang kamu sasar, misalnya tentang latar belakang perusahaan mereka, value yang mereka usung, siapa saja yang pernah mereka sponsori dan sebagainya. Gunakan hal-hal tersebut saat membuat proposal agar semakin menarik minat mereka. Untuk strategi yang digunakan, kamu bisa neh menggunakan partner salah satunya MudaBerdaya.id!

Proposal Sponsorship

4. Buat Desain Proposal yang Menarik

Gunakan desain proposal sponsorship event online yang eye catching dengan pemilihan kalimat yang efektif, singkat dan padat. Pembuatan desain yang menarik akan sangat berguna terlebih jika perusahaan atau calon sponsor yang kamu tuju diminati oleh banyak pencari sponsor lainnya.

5. Presentasikan Proposal dengan Baik

Tahap ini merupakan salah satu tahap paling penting yang akan menentukan diterima atau tidaknya pengajuan sponsor yang kamu lakukan. Oleh sebab itu, pastikan penggunaan busana, pemilihan bahasa dan sikap atau pembawaan telah disiapkan secara matang.

Tunjukkan rasa semangat dan minat yang besar namun tetap rileks agar calon sponsor tidak merasa didesak. Bicarakan hal-hal yang berkaitan dengan event, termasuk sampaikan apa saja yang akan didapat calon sponsor jika mereka memberikan dukungan. Bagi calon sponsor yang memiliki jadwal padat, hindari basa-basi berlebihan.

6. Pantang Menyerah

Meyakinkan sponsor adalah hal yang cukup sulit apalagi mereka akan meminta waktu untuk mempertimbangkannya. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya buat deadline tentang kapan kamu perlu melakukan follow up terhadap calon sponsor. Jika mereka terlihat tidak berminat, jangan lekas putus asa, segera lakukan strategi lainnya dan segera hubungi calon sponsor atau buat proposal sponsorship event online lainnya.

Cari sponsorship menjadi hal paling penting sebelum mengadakan event meskipun hal tersebut cukup sulit. Namun melihat manfaatnya yang begitu besar, saat mendapat penolakan sebaiknya kamu tak lekas putus asa.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours