Tips Memilih Senar Gitar yang Tepat

Senar gitar merupakan salah satu komponen penting dalam bermain gitar, baik gitar listrik maupun gitar akustik. Nah, untuk membuat performa gitar menjadi maksimal butuh yang namanya perawatan gitar yang rutin. Salah satunya dengan memilih dan mengganti senar gitar secara berkala. Karenanya pemilihan senar gitar ini pun tidak boleh sembarangan. Salah memilih senar gitar bisa menyebabkan experience bermain gitar menjadi berkurang. Lalu bagaimana cara memilih senar gitar yang baik dan benar?

senar gitar1. Tentukan jenis gitar yang kita punya. Ini tentu penting untuk menentukan jenis senar yang akan dibeli, apakah senar gitar elektrik, senar gitar akustik, atau senar gitar nylon atau klasik.

2. Bila gitar yang dimiliki adalah gitar elektrik, maka senar standard industri yang dipakai adalah nikel. Ukuran yang dipakai adalah 10-46, misalnya saja senar Ernie Ball Regular Slinky yang populer.

3. Sedangkan bila gitar akustik, maka senar gitar yang dibutuhkan adalah jenis steel string atau nylong string.
Selanjutnya adalah menentukan ketebalan senar gitar. Untuk menentukannya, pertama kali adalah dengan menentukan jensi suara yang ingin dihasilkan. Bila ingin jenis suara yang tebal, maka pilihlah string atau senar yang berdiameter tebal. Sementara bila ingin suara yang tipis maka tentu pilihlah senar dengan ukuran yang tipis.

Diameter atau ketebalan senar gitar ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa dijadikan pertimbangan, misalnya saja:

• Senar dengan diameter kecil lebih mudah untuk dimainkan, namun sangat mudah putus apalagi ketika memainkan bending strings.

• Senar dengan diameter besar atau tebal biasanya memiliki volume suara yang lebih tebal, lebih keras, dan memiliki gaung yang panjang sehingga suara yang dihasilkan akan lebih lama terdengar. Kekurangannya adalah sulit dimainkan terutama untuk pemula, ketika memainkan bending strings. Kadang juga, jari akan terasa sakit saat memainkannya.

Selain jenis dan ketebalan, bahan dasar senar gitar juga akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Ada jenis suara yang bisa dihasilkan dari senar gitar, yakni:

• Mellow yaitu suara yang lebih bass (besar/tebal),
• Bright yakni suara yang lebih cempreng (tipis), dan
• Beriliance, yakni suara tang terdengar seimbang antara mellow dan bright.

Dengan mengetahui jenis suara yang ingin dihasilkan, maka kita pun akan lebih mudah untuk menentukan jenis senar yang diinginkan.
Selamat berburu senar gitar. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0