3 Aset yang Bisa Dijadikan Jaminan Untuk Penggadaian

Anda sedang berniat untuk melakukan pinjaman uang ke pihak penggadaian? Namun, masih bingung mau memilih aset manakah yang akan digadaikan? Maka, coba deh untuk membaca kategorinya di bawah ini. Meskipun jarang yang menggadaikan sejumlah aset ini, tapi jangan salah loh ternyata aset ini pun nyatanya bisa memberikan jumlah pinjaman yang jauh lebih besar dibandingkan dengan aset yang selama ini sudah Anda jaminkan.

mesin pabrikAkan tetapi, perlu diingat saat meminjamkan uang ke pihak penggadaian, Anda harus memikirkan mau dikemanakan uang yang dipinjam dari perusahaan penggadaian sehingga tidak akan membuat Anda tergiur dengan nominal pinjaman dengan jumlah besar. So, aset mana saja yang bisa Anda gunakan sebagai jaminan ketika melakukan penggadaian? Simak, langsung kategorinya disini:

  1. Properti. Aset pertama yang bisa Anda gadaikan ke pihak penggadaian adalah dalam bentuk properti. Dimana, Anda dapat langsung memberikan sertifikat rumah, tanah, gudang, gedung, dan ruko. Akan tetapi, perlu diingat, properti yang Anda gadaikan haruslah yang memang layak untuk digadaikan. Jangan berupa properti yang kurang bahkan tidak layak huni. Mengapa? Sebab, hal ini akan langsung memengaruhi jumlah uang yang Anda pinjamkan ke perusahaan pegadaian. Namun, jika properti yang digadaikan layak, maka pinjaman pun akan semakin besar.
  2. Hasil ternak dan kebun. Nah, Anda pun bisa menjaminkan aset di bidang hasil ternak. Meskipun jarang yang menjaminkan kedua aset ini, namun untuk suku bunga di aset ini Anda hanya membayarkan bunga sebesar 0,5 persen. Biasanya, untuk aset yang dijaminkan dalam bidang peternakan Anda bisa menjaminkan binatang sapi. Sedangkan untuk perkebunan berupa kopi dengan kualitas yang bagus, seperti misalnya Arabika Gayo.
  3. Mesin pabrik. Siapa yang bisa menduga, mesin pabrik pun dapat Anda jaminkan saat peminjaman uang ke pihak penggadaian. Tapi, dengan catatan mesin pabrik yang digadaikan masih dalam keadaan baik tanpa adanya kerusakan, sehingga jumlah uang yang dipinjam bisa mencapai angka lima miliar rupiah dengan suku bunga lebih besar daripada hasil ternak dan kebun tentunya.

Itu sejumlah aset yang bisa Anda gadaikan ke perusahaan penggadaian saat berencana meminjam uang. Selamat mencoba! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0