5 Buah Dengan Kadar Vitamin C Tinggi

Vitamin C merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ada banyak cara untuk mencukupi kebutuhan Vitamin C ini, misalnya dengan mengonsumsi suplemen untuk kesehatan tubuh ataupun melalui suntikan Vitamin C. Namun bagi Anda yang tidak mau mendapatkannya melalui suplemen ataupun suntikan, sebenarnya bisa kok mendapatkannya Vitamin C secara alami dengan mengonsumsi makanan berikut ini:

  • vitamin c dalam jambu bijiJambu biji (378mg/60g)

Jika Anda berpikir bahwa buah yang mengandung banyak vitamin C pasti memiliki rasa asam, Anda salah. Sebab jambu biji ternyata memiliki kandung vitamin C dengan kadar tinggi meskipun rasanya manis. Selain itu, jambu biji juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti asam folat, Vitamin B kompleks, asam pantotenik, piridoksin dan niacin.

  • Blackcurrant (200mg/68 gram)

Buah ini juga mengandung Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B5 dan Vitamin B6. Srlain itu, buah ini juga kaya akan nutrisi lainnya yaitu mineral kalsium, besi, magnesium, fosfor dan seng. Buah ini juga mengandung berbagai zat kimia penting yang bermanfaat untuk mencegah peradangan pada alergi yang menyebabkan asma, menetralkan racun dan mencegah penyakit kritis seperti alzheimer dan parkinson.

  • Buah Leci (132 mg/100 gram)

Dalam 100gram leci juga mengandung 66kkal kalori, 16,53gr karbohidrat, 59,9kkal gula, 3,7 kkal lemak dan masih banyak lagi kandungannya. Selain itu, buah ini juga mengandung flavanoid yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker dan kandungan quercitin serta kaempferolnya dalam menghambat penyebaran sel kanker dalam tubuh.

  • Pepaya (85mg/100 gram)

Buah ini mengandung karbohidrat dan serat dalam jumlah yang 4,5% dari total yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Selain itu, buah ini juga mengandung Vitamin A, Vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, pospor dan zinc.

  • Strawberry (83 mg/ 100 gram)

Strawberry merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Buah ini juga memiliki lemak jenuh, kolestrol, dan sodium dalam kadar rendah. Namun mengandung mineral potas, mangan, iron dan beberapa vitamin seperti Vitamin B1, B3, B6, Vitamin K Vitamin A dan Vitamin E.

Jika diperhatikan dengan baik, hampir semua buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dan dalam jumlah yang berbeda pula. Nah, untuk menyeimbangkan agar seluruh nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi, ada baiknya jika Anda mengonsumsi buah yang berbeda secara berkala. Selain bermanfaat untuk menyeimbangkan nutrisi, rotasi buah ini juga bermanfaat untuk mencegah Anda merasa bosan akibat mengonsumsi buah yang sama terus menerus. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0