6 Tips Tetap Semangat Meski Sedang Hamil

Memang, pada saat hamil banyak tantangan fisik yang harus dijalani oleh seorang ibu hamil, sehingga membuat ibu hamil pun menjadi kurang bersemangat untuk menjalani aktivitasnya di hari itu. Apalagi, jika ditambah dengan rasa mual yang tidak mudah dicegah padahal sudah melihat cara mengatasi mual saat hamil di berbagai blog, tentu saja hal ini akan semakin memperburuk semangat ibu hamil. Meskipun begitu, tapi ibu hamil masih bisa kok tetap bersemangat meski tengah hamil dengan mengikuti beberapa tips ini.

ibu hamil makan sehatApa sajakah itu? Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini, check it dot:

  1. Tidak mengonsumsi air putih terlalu banyak sebelum tidur, sebab dapat mengakibatkan ibu hamil sering terbangun karena ingin buang air kecil. Apabila ibu hamil sering terbangun, tentu keesokan harinya membuat ibu hamil pun kurang bersemangat akibat kurang tidur di malam harinya.
  2. Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi dalam porsi kecil. Misalkan, mengonsumsi roti gandum dengan irisan ayam ataupun sereal yang dicampur dengan susu rendah lemak yang memang dikhususkan untuk ibu hamil. Atau memiliki snacking time dengan camilan sehat juga penting, karena camilan dapat membuat kebutuhan nutrisi terpenuhi dan pemilihan makanan yang tepat dapat mencegah morning sickness.
  3. Memperbanyak konsumsi sayur maupun buah yang bisa mencukupi cairan di tubuh ibu hamil. Dan sebisa mungkin ibu hamil tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan asin, junk food, maupun manis.
  4. Apabila ibu hamil sudah kelelahan, sebaiknya hentikan segala aktivitas yang dijalani dan istirahatlah selama beberapa menit. Atau bisa dengan cara menyisihkan sedikit waktu untuk tidur pada siang harinya.
  5. Jika bosan sudah melanda ibu hamil dan kurang bersemangat, coba deh untuk melakukan jalan santai selama beberapa saat. Dipercaya dengan berjalan santai ini bisa merilekskan kembali tubuh ibu hamil yan lelah karena aktivitas yang dijalaninya.
  6. Pastikan ibu hamil mencukupi cairan tubuh setiap harinya supaya tidak mudah lelah. Dan ada baiknya selama hamil tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, karena selain memperburuk kesehatan tubuh ibu hamil dapat pula membahayakan janin di dalam rahim.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan bila ibu hamil ingin selalu tetap semangat meski tengah hamil. Semoga memberikan banyak manfaat! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0