7 Tempat Wisata Air Terjun Indah di Bogor

Kota hujan Bogor memang dikelilingi oleh beberapa pegunungan. Lingkungannya masih sangat alami. Diantaranya terdapat beberapa tempat wisata air terjun yang sangat indah di Bogor Jawa Barat.

Ada belasan wisata air terjun yang bisa kamu jelajahi di Kota Priangan ini. Diantaranya bahkan sangat dekat dengan daerah Sentul atau daerah Kota Bogor.

Untuk bisa menjelajahi semua tempat wisata alam di Bogor kamu perlu booking hotel di Bogor agar tak perlu bolak-balik Jakarta Bogor yang memakan waktu lebih dari 2 jam perjalanan.

Lalu apa saja tempat wisata air terjun di Bogor yang harus kamu kunjungi? Berikut adalah ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Curug Bojong Koneng

Tempat wisata ini tak berbeda jauh dengan nama desanya. Curug Bojong Koneng berada di Desa Bojong Koneng Sentul. Boleh dibilang Curug ini Curug yang paling dekat dengan Jakarta.

Tempat wisata ini aksesnya cukup mudah baik bagi orang maupun oleh anak-anak. Ketinggian air terjunnya kurang lebih sekitar 20 meter. Di bawahnya pun terdapat sebuah kolam alami yang bisa dijadikan untuk berenang atau bermain air.

  1. Curug Bidadari

Curug Bidadari adalah salah satu air terjun indah yang paling terkenal di daerah Sentul. Namun sayangnya beberapa oknum membuat tempat wisata ini menjadi tercoreng.

Masalahnya banyak sekali pungutan-pungutan dia yang dilakukan oleh oknum terhadap wisatawan yang hendak datang ke Curug Bidadari.

Namun demikian keindahannya tak bisa dipandang sebelah mata. Pengelola bahkan sengaja membelah sebuah batu agar pengunjung bisa mengakses dengan lebih mudah tanpa harus memutar.

Wisatawan pun bisa berenang sambil menggunakan ban yang disewakan seperti layaknya sebuah Waterpark alami. Wisatawan bukan hanya bisa berenang namun juga bisa berwisata foto di Curug Bidadari Sentul.

  1. curug cigamea

    curug cigamea

    Curug Cigamea

Curug ini berlokasi di kecamatan Pamijahan Bogor Jawa Barat. Ini berada di area Gunung Salak Endah. Lokasinya pun dekat dengan Kawah Ratu dan juga akses jalan menuju curug Seribu. Tak heran jika curug ini menjadi salah satu jalur yang sering dilewati oleh wisatawan.

Beberapa wisatawan yang memiliki keberanian biasanya menguji andrenalin mereka dengan meloncat dari puncak Curug cigamea hingga ke dalam kolam alami di bawahnya. Namun kamu perlu berhati-hati untuk mendaki tebingnya cukup licin terutama pada saat musim hujan

  1. Curug Ngumpet

Seperti namanya, curug ini disebut sebagai Curug yang tersembunyi atau ngumpet. Curug Ngumpet berada di kecamatan yang sama dengan Curug Cigamea.

Yang menarik adalah curug ngumpet miliki ketinggian kurang lebih sekitar 45 meter. Ini memiliki karakteristik yang unik karena lokasinya tersembunyi di balik tebing. Meskipun Curug ini merupakan wisata alam yang bisa dikunjungi kapan saja, kamu tetap harus membayar tiket masuk dengan harga yang sangat murah sekitar Rp5.000.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug adalah pada saat musim hujan, namun demikian pada saat yang sama kamu juga harus tetap waspada dengan kondisi alam yang kadang tidak bersahabat. Untuk itu Pastikan semua bawaan lengkap termasuk beberapa obat-obatan P3K sebagai upaya preventif menangangi kondisi darurat.

  1. Curug Pangeran

Curug ini sedikit berbeda dengan Curug lainnya. Wisatawan yang datang ke air terjun ini boleh dibilang terbatas dan bisa dihitung jari. Namun keindahannya tak bisa dipandang mata meskipun ketinggiannya kurang dari 10 meter.

Salah satu sensasinya kamu bisa berenang di kolam yang cukup luas. Airnya jernih, bening, dan menyegarkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Pangeran adalah pada saat musim hujan. Namun disarankan untuk tidak datang pada saat sore hari karena dikhawatirkan jalan pulang akan sangat gelap karena minim penerangan.

Lokasi curug ini masih berada di tempat yang sama yaitu Kecamatan Pamijahan. Medan jalan untuk menuju Curug Pangeran pun sedikit sulit dan agak jauh. Namun tak perlu khawatir karena fasilitas wisata di sini sudah cukup lengkap mulai dari warung-warung yang hingga toilet.

  1. Curug cihurang

Tempat wisata air terjun Cihuran ini berada di Area Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pintu gerbang Taman Nasional kira-kira 1000 meter saja.

Curug ini cukup menarik karena kolam dibawahnya sangat luas seperti sebuah kolam renang. Terlebih fasilitas di sini sudah cukup memadai termasuk ruang ganti pakaian.

  1. Curug Seribu

Air terjun seribu atau curug Seribu menjadi salah satu primadona tempat wisata alam di Bogor. Curug ini sangat eksotis karena memiliki ketinggian hingga 100 meter dengan limpahan air yang sangat besar.

Asal usul nama Curug Seribu karena sepanjang perjalanan menuju Curug Seribu, kamu akan menemui banyak curug lainnya sehingga curug ini disebut dengan Curug Seribu.

Itulah tempat wisata alam air terjun di Bogor. Kamu juga bisa merasakan nuansa Bali di tempat wisata air terjun di Bogor ini. Temukan hotel murah di Bali lewat Reservasi.com untuk mendapatkan promo hotel terbaik.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0