Anti Gagal Saat Membuat Kue Lebaran

Lebaran biasanya identik dengan kue-kue. Benar, kan? Kue-kue ini biasanya akan ditata dengan manis di meja ruang tamu untuk menyambut kerabat yang bersilaturahmi ke rumah atau dijadikan sebagai parcel. Berbagai kue yang identik dengan momen lebaran pun beraneka macam mulai dari nastar, kaastangel, putri salju, dan masih banyak lagi macamnya.

mengaduk adonanBagi Anda yang ingin mencoba membuat kue sendiri pada lebaran kali ini, yuk belajar hal mendasar berikut ini agar tidak gagal ketika membuat kue.

  1. Gunakan tepung berprotein rendah. Jika Anda ingin menghasilkan kue yang kering dan renyah, maka tepung yang digunakannya pun tidak boleh sembarangan. Harus yang berprotein rendah agar ketika dipanggang menghasilkan tekstur yang kering serta crunchy ketika digigit. Selain itu, saat hendak memasukan terigu, ayak dulu agar proses percampuran lebih baik.
  2. Pastikan takarannya sudah tepat. Ketika membuat kue, Anda pastinya akan berpatokan dengan resep yang sudah didapat dari internet, dari buku resep, atau bahkan mengikuti resep turunan keluarga. Ikuti takarannya dengan tepat agar tidak terjadi kesalahan ketika mengolahnya. Mengira-ngira takaran memang tidak salah, tapi kalau bisa tepat ya mengapa tidak?
  3. Perhatikan hal ini ketika mengocok mentega. Mentega adalah salah satu material yang esensial untuk digunakan saat membuat kue. Ketika mengocoknya, Anda tidak perlu berlama-lama karena mentega tersebut malah akan membuat kue tampak mengembang. Selain itu, setelah dicairkan, dinginkan dulu mentega selama beberapa saat agar tidak menghancurkan adonan.
  4. Aduk terigu dengan spatula. Ketika tiba saatnya untuk memasukan terigu, gunakan spatula alih-alih mixer untuk mengaduknya. Mengapa demikian? Pasalnya, mengaduk dengan menggunakan spatula tidak akan mengubah protein pada tepung menjadi gluten yang dapat menyebabkan adonan mengaret. Mengaduknya pun jangan terlalu lama, ya!
  5. Gunakan suhu rendah ketika hendak memanggangnya. Saat adonan kue sudah selesai dicetak dan siap untuk dipanggang, oven dengan menggunakan suhu rendah agar hasilnya renyah. Keluarkan dari oven segera setelah matang dan dinginkan sampai panasnya menghilang baru dimasukkan ke dalam toples.

Semoga tips ini dapat membantu, ya! Selamat membuat kue!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0