Apa itu Marine Fuel Oil (MFO)?

Apakah Anda pernah dengar mengenai MFO atau distributor MFO? Tentunya, kedua kata ini masih sangat asing di telinga Anda. Memang, bagi masyarakat awam, baik MFO maupun distributornya merupakan dua kosakata yang agak sulit dipahami maksudnya. Namun demikian, berbeda halnya dengan mereka yang bergelut di bidang minyak dan bahan bakar, atau bahkan di bidang industri.

Marine Fuel Oil atau MFO merupakan bahan bakar minyak yang banyak digunakan untuk pembakaran langsung pada industri besar dan digunakan sebagai bahan bakar untuk steam power station. MFO sendiri merupakan bahan bakar minyak yang tidak termasuk dalam jenis distilate tetapi masuk ke dalam jenis residu yang lebih kental pada suhu kamar. Teksturnya sendiri berwarna hitam pekat dan tingkat kekentalannya lebih tinggi dibanding minyak diesel.

Marine Fuel Oil MFOUntuk mengetahui apakah mutu MFO berkualitas baik atau tidak, Anda bisa melihatnya dari spesifikasinya apakah sudah memenuhi batasan sifat-sifatnya dalam segala cuaca. Tentu hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah mengenal sifat bahan bakar MFO terlebih dahulu. Sebab biasanya bahan bakar MFO ini hanya dapat dipompa dan diatomisasikan setelah melalui pemanasan terlebih dahulu. Mengenai batasan sifat-sifatnya, yang harus dipenuhi dalam penggunaan MFO adalah sifat kestabilan, sifat kekentalan, sifat korosifitas, sifat kebersihan, dan juga sifat keselamatan.

Marine Fuel Oil ini banyak digunakan di beberapa industri karena kegunaannya. Di antaranya adalah:

  1. Digunakan di pabrik atau industri. Biasa diterapkan pada boiler (ketel uap), heating (pemanas), drying (pengering), furnace (dapur atau tungku industri).
  2. Digunakan pada industri pertanian pemanas (untuk pemanas ruangan, terutama banyak digunakan di negara yang mengalami empat musim) dan industri pemanas tembakau (tobacco heating).
  3. Digunakan pada industri konstruksi mesin dan pemanas pabrik aspal (asphalt plant heating).
  4. Digunakan pada transportasi laut mesin generator listrik.
  5. Digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel kapal.
  6. Digunakan pada industri lain sebagai pemanas gedung di negara beriklim dingin.
  7. Digunakan untuk bulldozer (road transportation).

Mengingat fungsinya sangat banyak, tidak heran jika sekarang ini sudah banyak distributor MFO yang beredar di pasaran. Untuk itu, jika Anda suatu saat membutuhkan bahan bakar ini, jangan sungkan untuk menghubungi distributor MFO untuk berbisnis lebih lanjut, ya.

Semoga membantu.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0