restoran

Tips Mudah Reservasi di Restoran. Cobain deh!

“Kalau mau makan di restoran itu, butuh reservasi dulu gak sih?”

Sebagian dari kamu mungkin pernah menanyakan hal yang sama ketika berencana makan bareng di restoran. Yup, beberapa restoran memang menyediakan fasilitas reservasi restoran untuk semua pembelinya. Maka dari itu, sebelum datang ke restoran, ada baiknya tanyakan dahulu apakah bisa reservasi atau tidak.

restoran
Image by Nenad Maric from Pixabay

Tapi, kenapa perlu reservasi, ya? Tujuannya, supaya kamu bisa mendapatkan meja dan menentukan sendiri waktu makannya. Jadinya, kamu bisa lebih tenang sebelum makan dan nggak harus waiting list ketika sudah sampai di restoran. Untuk itu, buat kamu yang mau reservasi, coba tips ini, yuk!

Tips Reservasi Restoran

  • Pertama, telepon terlebih dahulu restorannya tiga hari atau seminggu sebelum acara makanmu, ya. Hal ini penting supaya kamu tahu, apakah restorannya available dengan waktu yang telah kamu tentukan. Tidak lupa, beritahukan berapa orang yang akan datang ke restorannya.
  • Kalau dibutuhkan, konfirmasi lagi reservasi yang sudah kamu lakukan dan tanyakan bisakah memesan menu makanannya terlebih dahulu sehari sebelum acara makannya. Jadi, nanti ketika sudah sampai di restorannya, makananmu bisa langsung disajikan.
  • Pas hari H, datanglah ke restoran lima menit sebelum waktu reservasinya. Apabila ternyata terlambat, maka jangan sampai lupa untuk menghubungi restorannya. Ini penting untuk dilakukan supaya pihak restoran tidak bertanya-tanya mengenai kehadiranmu.
  • Ketika sudah di restoran dan mendapatkan makanannya, kamu bisa langsung makan seperti biasanya. Nah, apabila mau membayar makanan dan minuman yang sudah dimakan, sebaiknya cari tahu dahulu aturan pemberian tip.
  • Jika diizinkan, kamu bisa memberikan tip pada waiter maupun waitress yang mengantarkan makanan maupun bill. Bila sebelumnya kamu ada permintaan khusus, ada baiknya memberikan lebih banyak tip.

Sedikit catatan, kalau kamu berencana untuk membatalkan reservasi yang sudah dilakukan, maka konfirmasi secepatnya pada pihak restoran. Misalnya karena kamu gak bisa bepergian dan memilih untuk memesan makanan secara online agar bisa diantar ke rumah.

Jangan membiasakan diri membatalkan reservasi saat sudah berada di restorannya, ya. Soalnya, melakukan pembatalan seperti ini, malah bisa merugikan pihak restoran. Yang seharusnya mereka bisa menerima pesanan dari tamu lain, tapi tidak jadi karena kamu sudah memesannya.

Selain itu, selama melakukan reservasi dan berada di restoran—bersikap sopanlah. Jangan lupa pula mengucapkan terima kasih pada karyawan yang sudah mengantarkan makanan dan lainnya. Kalau begini, tentu tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba dan semoga reservasinya berhasil, ya!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours