Apa Itu Pipa Galvanis dan Fungsinya?

Ketika membahas tentang pipa, mungkin yang akan langsung terlintas dalam benak Anda adalah pipa PVC. Wajar saja karena pipa PVC adalah pilihan untuk saluran air di rumah. Selain itu, saat ini pipa ini juga mulai banyak digunakan untuk berbagai keperluan lainnya. Bahkan mungkin Anda sampai tahu berapa harga pipa PVC saat ini karena cukup sering membelinya di toko bangunan.

Pipa GalvanisSebenarnya pipa itu ada banyak sekali jenisnya, beda penggunaan beda juga material yang dipakai sebagai bahan dasar pembuatannya, salah satunya yaitu pipa galvanis. Pipa galvanis adalah pipa yang terbuat dari besi namun diberikan lapisan seng sebagai zat kimia yang berfungsi untuk mencegah korosi. Dengan adanya lapisan ini, pipa galvanis akan lebih awet meskipun disimpan pada ruangan dengan suhu yang lembab sekalipun. Proses pelapisan seng ini dilakukan dengan merendam bahan baja ke dalam lelehan seng, proses ini disebut dengan galvanisasi hot dip.

Pipa galvanis bisa digunakan untuk mengalirkan air, gas, udara maupun objek tertentu yang bisa dialirkan dengan pipa. Bahkan jika objek yang dialirkan memiliki tekanan yang cukup tinggi sekalipun, akan tetap aman dialirkan melalui pipa galvanis ini. Tidak hanya itu saja, pipa ini juga aman digunakan untuk mengalirkan cairan yang bersifat mempercepat proses korosi.

Selain berfungsi untuk mengalirkan berbagai objek, pipa galvanis ini juga memiliki fungsi lain seperti berikut ini:

  • Pagar chain link

Saat ini cukup banyak pagar chain link atau pegangan tangan pada tangga yang terbuat dari pipa besi. Nah untuk fungsi ini, pipa galvanis adalah jenis pipa yang paling sering digunakan. Warnanya yang menarik dan sifatnya yang awet karena tidak mudah karat membuat pipa ini menjadi pilihan utama.

  • Pelindung kabel

Pipa galvanis juga sering digunakan sebagai pelindung kabel agar tidak mudah putus. Namun fungsi ini biasanya digunakan untuk kabel yang berada di luar ruangan, seperti untuk tiang listrik.

  • Pagar rumah

Yap, pipa ini sekarang juga menjadi salah satu material yang banyak digunakan untuk pembuatan pagar rumah. Pemasangannya cenderung tidak sulit dan awet.

Saat ini, pipa ini juga mulai sering digunakan untuk pembuatan rangka mobil, salah satunya yaitu pada bagian knalpot mobil. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0