Bahaya Kurangnya Air Radiator pada Mobil

Melakukan perawatan mobil tidak hanya terbatas pada melakukan ganti oli mobil secara berkala secara rutin saja. Tetapi juga melakukan berbagai perawatan lainnya, salah satunya adalah memperhatikan jenis air radiator mobil dan juga volumenya. Air radiator mobil atau yang sering disebut sebagai cairan radiator ini adalah salah satu komponen penting yang bisa sangat berbahaya jika mengalami masalah, di antaranya:

  • Timbul suara pada mesin

Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan suara mesin terdengar tidak normal, salah satunya adalah air raadiator yang berkurang. Mungkin pada awalnya hal ini terasa tidak masalah, tapi jika tidak segera diatasi maka akan dapat merusak mesin.

  • Overheat

radiator panasIni adalah dampak lanjutan jika air radiator kurang tidak segera di atasi, yaitu mobil mengalami overheat. Sebab, air radiator berfungsi untuk menjaga suhu agar tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan berlebih, meskipun mobil digunakan berkendara dalam waktu yang lama. Bahkan seandainya kamu sedang terkena macet panjang dalam cuaca yang panas sekalipun. Jika air radiator kurang dan tidak segera diisi, proses pendinginan tidak akan berlangsung sempurna sehingga akan membuat mesin mengalami kenaikan suhu melebihi bataas maksimal, atau yangbiasa disebut overheat.

Sebenarnya, dalam kondisi normal air radiator akan membutuhkan waktu lama untuk berkurang. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan air radiator berkurang lebih cepat, antara lain:

  • Tutup kurang rapat

Terkadang pemilik mobil kurang memperhatikan apakah sudah menutup rapat tutup radiator atau belum. Bahkan terkadang, ada yang lupa menutupnya. Hal ini akan membuat air radiator cepat menguap dan akhirnya mudah habis. Untuk masalah ini, tentulah tidak bisa diatasi kecuali dengan mengecek ulang apakah tutup sudah terpasang dengan benar atau belum.

  • Adanya kebocoran

Adanya kebocoran pada komponen yang berhubungan dengan sirkulasi air radiator akan membuat air radiator menjadi cepat berkurang. Kebocoran ini bisa disebabkan oleh klep atau sambungan yang kurang rapat, ataupun karena adanya sobek pada selang. Untuk masalah ini, satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan membawanya ke bengkel agar segera dicari lokasi masalahnya.

Setiap komponen pada mobil memiliki fungsi pentingnya masing-masing. Hanya terfokus pada perawatan satu komponen dan mengabaikan komponen lainnya, akan berisiko mempercepat kerusakan mobil. Jadi, pastikan untuk memperhatikan semuanya ya. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0