Beberapa Cara Mendapatkan Modal Usaha

Cukup banyak orang yang memiliki jiwa usaha dan tertarik membuka sebuah UKM (Usaha Kecil Menengah) tidak dapat mewujudkan mimpinya karena terbentur masalah modal. Untuk mengatasi masalah ini, lembaga keuangan baik bank maupun non bank mengeluarkan produk sejenis, yaitu pinjaman usaha. Ada yang mengeluarkannya secara langsung melalui offline, namun saat ini tidak sedikit juga yang memberikan fasilitas ini melalui aplikasi UKM.

dana modal usahaYap, para pelaku usaha ini memang tidak perlu lagi takut memulai usaha baru hanya karena masalah modal. Asalkan Anda merasa yakin dan tekun dalm menjalani usaha Anda, maka mengajukan pinjaman bukanlah sebuah masalah. Namun bagi Anda yang masih merasa ragu untuk mengajukan pinjaman, sebenarnya masih banyak sumber modal usaha lainnya, yaitu:

  • Penghasilan

Selagi Anda masih mendapatkan penghasilan tetap dari tempat Anda bekerja, manfaatkanlah hal itu baik-baik untuk modal usaha di masa depan. Jangan langsung menghabiskan begitu saja uang yang Anda terima, namun sisihkan beberapa persen penghasilan Anda setiap bulannya.

  • Keuntungan usaha

Sebelum memulai sebuah usaha dengan modal yang besar, coba saja dulu memulainya dengan usaha yang tidak membutuhkan modal besar. Dengan begitu Anda juga sekaligus belajar bagaimana caranya mengelola sebuah usaha. Tidak perlu usaha dalam skala besar, coba saja dulu usaha dalam skala kecil seperti berjualan di online shop. Usaha ini bisa Anda lakukan dengan modal berapapun bahkan juga bisa Anda lakukan tanpa modal. Sama halnya dengan penghasilan, Anda bisa menyisihkan keuntungan yang diterima dari usaha ini untuk kemudian digunakan membangun sebuah usaha lain yang membutuhkan modal besar.

  • Investasi

Mungkin banyak dari Anda yang mengira investasi akan membutuhkan modal sangat besar. Padahal saat ini banyak juga investasi yang bisa dilakukan meskipun hanya dengan uang 100ribu. Memang keuntungan yang Anda terima akan lama dan sedikit karena modal Anda sedikit. Namun tidak masalah jika Anda menjadikan keuntungan investasi ini sebagai modal usaha dimasa depan.

Membuka sebuah usaha sendiri adalah hal yang baik. Namun jika Anda sudah berkeluarga ada baiknya jika merundingkan hal ini terlebih dahulu pada pasangan Anda. Sebab pada awal usaha biasanya akan terdapat ketidakstabilan ekonomi yang menimpa keluarga Anda. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0