Belajar Bicara Sejak Dini

Kata pertama yang diucapkan oleh bayi biasanya menjadi salah satu momen paling bahagia untuk kedua orang tua, dan akan menjadi momen yang akan diceritakan kepada si buah hati ketika ia sudah besar. Tetapi, apakah yang terjadi setelah kata pertama itu dan bagaimana ke depannya si kecil bisa belajar bicara ? Tentu ini menjadi salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh orang tua bayi dalam belajar bicara sejak dini.

belajar bicaraSebenarnya, berbicara kepada bayi sejak ia lahir sangat membantu untuk mereka dapat berbicara lebih awal. Selain itu, juga dapat membuat anak memiliki kosakata yang lebih besar. Menurut Anne Fernald, direktur Center for Infant Studies di Stanford University, kapasitas anak untuk memproses kata-kata tidak jauh beda dengan skill lain. Makin banyak ia mendengar kata-kata dan menyambungkannya dengan makna, maka makin bertambahlah kosakata yang dimiliki anak.

Selain berbicara pada si kecil sejak usia dini, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak dapat lebih lancar berbicara di kemudian hari.

  • Perhatikanlah apa yang si kecil lihat, dan berbicaralah tentang apapun yang menarik minatnya. Cobalah juga berbicara mengenai apa yang sedang Anda lakukan di depan anak.
  • Bacalah buku-buku cerita bersama anak. Walaupun ia mungkin belum dapat menangkap jalan ceritanya dengan baik, buku-buku cerita bergambar akan menarik minatnya. Jika Anda kreatif, cobalah membuat cerita dari buku-buku yang hanya ada gambar tanpa kata-kata.
  • Ketika berbicara dengan bayi, berikanlah mereka waktu untuk merespon perkataan Anda, walaupun hanya dengan ocehan yang tidak jelas. Jika ia mengoceh juga, usahakan untuk menjawab ocehan tersebut. Hal ini akan membuat bayi merasa dihargai dan belajar bagaimana percakapan seharusnya dilakukan.
  • Kurangi waktu menonton si kecil, karena walaupun acara TV untuk bayi sangat banyak dan mudah ditemui, percakapan dengan manusia jauh lebih penting dibandingkan acara TV untuk perkembangan bayi.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu untuk membuat anak belajar bicara lebih cepat. (Dana)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0