Berbagai Genre dalam Sebuah Film bagian 1

Setiap film pasti memiliki genre. Misalnya saja, seperti film Rudy Habibie yang bergenre biografi dan romance. Loh, kok ada dua genre? Memang, terkadang dalam satu film akan menggabungkan beberapa genre, tergantung dari cerita film tersebut. Nah, diantara sekian banyaknya genre film, romance, komedi, action, dan horor adalah yang paling umum dikenal oleh masyarakat. Tidak percaya? Coba saja tanyakan pada seseorang tentang sebuah film. Biasanya mereka akan menjawab diantara keempat genre tersebut dulu, baru menjelaskan inti cerita filmnya.

aneka genre filmPadahal, sebenarnya genre film itu ada banyak loh. Nah, supaya lebih jelas, yuk kita bahas satu-satu:

  • Action

Film dengan genre ini biasanya akan dipenuhi oleh adegan penuh aksi laga, seperti tembak-tembakan, kejar-kejaran, berkelahi, dan sejenisnya. Sebab itulah, film dengan genre seperti ini sering melibatkan stuntman. Sebab, tidak semua aktor atau aktris berani melakukan semua adegan sendiri. Namun, saat ini sudah mulai banyak yang menolak penggunaan stuntman dan memilih untuk melakukan semua adegan sendiri. Alasannya, adalah ingin menantang diri sendiri.

  • Petualangan

Film dengan genre ini biasanya bercerita tentang petualangan atau penjelajahan tokoh utama di sebuah tempat. Misalnya saja, tentang seseorang yang mengalami kecelakaan kapal dan terdampar di sebuah pulau. Atau, cerita tentang petualangan tokoh utama dalam mencari sesuatu di suatu tempat.

  • Animasi

Film yang menggunakan teknik animasi dalam proses pembuatannya, masuk ke dalam genre ini. Sering juga disebut film kartun. Meskipun sebenarnya sama, namun khusus film animasi yang berasal dari Jepang, disebut dengan anime, yang merupakan singkatan dari kata “animation” dalam huruf katakana Jepang.

  • Roman

Film bergenre roman ini menceritakan tentang percintaan. Untuk ceritanya sendiri bisa sangat beragam, dari mulai perjuangan sepasang kekasih dalam mempertahankan cintanya, perselingkuhan, dan berbagai konflik lain yang umum terjadi di masyarakat. Memang, film bergenre ini terkadang memiliki cerita yang umum dan mudah ditebak akhir ceritanya. Namun, jika produser dan sutradara film dapat mengemas film bergenre ini dengan cara yang unik dan menarik, maka film ini akan tetap diminati oleh masyarakat dan berhasil meraih kesuksesan.

  • Biografi

Film biografi adalah film yang menceritakan kisah hidup seseorang. Biasanya, tokoh yang diangkat ke dalam sebuah film adalah seseorang yang dikagumi dan dianggap menginspirasi banyak orang. Terkadang, film biografi ini mengambil kisah penting dari seseorang dari masa kecil hingga tokoh ini dewasa. Namun, terkadang juga hanya diambil sebagian kisah saja, yang dianggap paling menginspirasi. Misalnya, ketika sang tokoh berjuang meraih kesuksesan ditengah kesulitas ekonomi pada masa kuliah hingga kemudian tokoh tersebut berhasil.

Selain beberapa genre yang telah disebutkan, masih ada banyak genre lainnya. Akan tetapi, akan kita bahas di Berbagai Genre dalam Sebuah Film bagian 2 yah. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0