Berbahayakah Water Heater Gas?

Setelah beraktifitas seharian di luar rumah menenangkan diri dengan mandi menggunakan air hangat adalah hal yang menyenangkan, terutama di saat musim hujan dan cuaca dingin. Karena itu makin banyak orang yang memilih menggunakan Water Heater di rumahnya. Dengan menggunakan water heater (WH ) kapanpun kita membutuhkan air panas akan selalu tersedia tanpa repot memasak. Ada beberapa water heater yang bisa di pilih bergantung pada sumber tenaga yang di gunakan, yaitu WH gas, WH listrik, WH tenaga surya dan yang terbaru saat ini adalah WH dengan memanfaatkan panas yang keluar dari Air Conditioner.

water heater gasDiantara semua jenis itu, WH yang sering dipilih adalah WH gas, tidak hanya untuk keperluan pribadi saja tetapi juga di hotel. Alasan mereka memilih menggunakan WH jenis ini adalah karena harganya yang murah dan proses pemanasannya yang cepat, sehingga tidak perlu menunggu waktu lama jika ingin mandi dengan air panas. Namun, beberapa kejadian kebocoran gas yang terjadi dan bahkan menyebabkan kematian membuat banyak yang mulai ragu memilih WH jenis ini. Seperti apakah kebocoran gas pada WH ini dapat mengakibatkan kematian? Berikut penjelasannya.

Ketika sebuah WH gas melakukan pembakaran secara tidak sempurna, maka gas yang dihasilkan adalah gas beracun bernama karbon monoksida (CO), sama dengan yang dihasilkan pada pembakaran batu bara, arang dan kayu. Gas CO ini tidak berwarna dan tidak berbau, namun sangat berbahaya jika sampai terhirup oleh manusia. Orang yang menghirup gas ini dalam waktu hanya hitungan menit akan kehilangan nyawanya, hal ini dikarenakan gas CO yang masuk kedalam tubuh dan bersatu dengan darah mengakibatkan darah tidak dapat mengikat oksigen yang diperlukan jaringan tubuh hingga ke jantung.

Namun sebenarnya kita bisa mengurangi resiko tersebut dengan memperhatikan cara memelihara water heater dan saat penggunaannya seperti beberapa hal berikut ini:

  • Letakkan tabung Gas di luar ruangan/ruangan terbuka
  • Meletakkan tabung gas di dalam kamar mandi tidak hanya berdampak mengurangi kerapihan tapi juga beresiko terjadi kebocoran gas.
  • Buat ventilasi yang cukup
  • Ventilasi yang cukup pada kamar mandi akan membuat udara dalam kamar mandi tidak pengap, serta berfungsi untuk membuang gas hasil pembakaran WH gas.
  • Gunakan selang yang lentur dan tidak mudah rusak
  • Pilih selang yang berkualitas agar tidak mudah bocor. Ketebalan selang juga harus diperhatikan, selang yang tebal lebih aman karena tidak mudah sobek.
  • Selalu periksa selang gas dan tabung gas

Hal ini sangat penting untuk di perhatikan, karena seringkali orang tidak menyadari adanya kebocoran gas. Tapi dengan pengecekan rutin makan hal ini dapat di antisipasi.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0