Diet Khusus Hewan Peliharaan

Pernah melihat kucing berperut besar meski sedang tidak hamil? Atau mungkin kucing kesayangan kita di rumah yang malas bergerak karena kegemukan? Kondisi itu bukanlah kondisi aneh di dunia hewan. Ya, tidak berbeda dengan manusia, obesitas adalah hal yang biasa terjadi dan menimpa hewan peliharan kita. Mungkin kita akan sedikit cemas begitu melihat kucing kita berubah bentuk menjadi lebih besar. Kita mungkin akan mulai mencari-cari informasi di internet, bagaimana cara ‘menguruskan’ tubuh hewan atau mencari tips mengecilkan perut kucing yang sedang tidak hamil.

hewan peliharaan gemukDi Inggris, ada sebuah pusat kesehatan hewan yang dapat membantu hewan peliharaan kita dalam mengurangi berat badannya. Namanya adalah PDSA Pet Fit Club. Pusat kesehatan hewan ini bersinergi dengan PDSA Pet Hospitals yang telah eksis sejak tahun 1917 dan telah menangani ratusan ribu hewan untuk masalah penyakit, termasuk obesitas. PSDA sendiri merupakan akronim dari People Dispensary for Sick Animals.

PDSA tidak akan berdiri tanpa adanya inisiatif dan campur tangan dari seorang perempuan inspiratif bernama Maria Dickin. Perempuan yang lahir di London pada tahun 1870 ini merupakan anak perempuan dari seorang menteri yang rajin berkontribusi dalam aksi sosial. Dickin berinisiatif untuk membangun PSDA setelah ia melihat hewan-hewan yang sakit dan tidak ada klinik untuk merawat mereka. Kemudian, Dickin membuka free service untuk merawat hewan yang sakit di basemen sebuah gereja. Dickin tidak pernah berhenti berjuang untuk menyuarakan hak-hak hidup hewan dan mengusahakan dana untuk membangun PDSA hingga akhirnya berdiri seperti sekarang.

Kembali lagi ke program diet untuk hewan, ketika memutuskan untuk mendaftar, kita sebagai pemilik dituntut untuk konsisten. Hewan peliharaan kita akan dilatih untuk melakukan aktivitas rutin yang bisa menurunkan berat badannya. Kita sebagai pemilik pun akan mengikuti penyuluhan tentang makanan sehat yang bisa diberikan pada hewan peliharan untuk menjauhkannya dari bahaya obesitas. Sebab, siapa pun tahu bahwa salah satu penyebab obesitas adalah pola hidup yang tidak sehat dengan makanan yang tidak diatur. (Tr)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0