Hindari Hal Ini Saat Merenovasi Rumah Tua

Ada beberapa yang senang membeli rumah tua yang sudah berusia puluhan tahun. Rumah tua juga banyak diincar oleh mereka yang ingin menjadi investor properti. Apalagi jika rumah tersebut memiliki desain kuno yang unik yang banyak dicari oleh penggemar rumah antik. Biasanya rumah ini dijual tidak melalui perusahaan properti Indonesia melainkan dari tangan ke tangan. Setelah membeli rumah tua yang unik ini, tidak mungkin jika kamu tidak melakukan renovasi, apalagi jika pemilik sebelumnya tidak pernah melakukan renovasi sebelumnya. Demi keaman penghuni rumah, renovasi dasar untuk memastikan bahwa rumah masih aman untuk dihuni adalah hal wajib.

renovasi rumahMelakukan renovasi bukan berarti kamu harus merubah total desain rumah. Kamu bisa melakukan renovasi dengan hanya melakukan perbaikan pada beberapa titik tertentu dan juga sedikit merubah rumah menyesuaikan seleramu. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu hindari saat melakukan renovasi rumah tua, di antaranya:

  • Membuatnya tingkat

Perhatikan pondasi rumah sebelum memutuskan untuk membuatnya tingkat. Sebab tidak semua rumah memiliki pondasi yang aman untuk rumah bertingkat. Biasanya, rumah kuno didesain untuk satu lantai karena pada zaman dulu lahan cenderung luas. Akan berbahaya jika kamu membuatnya tingkat sementara pondasinya tidak didesain untuk itu.

  • Menanam pohon rindang

Pohon yang rindang memang akan membuat rumah menjadi lebih nyaman karena suasananya yang sejuk. Namun hal ini akan berbeda jika kamu membeli rumah tua. Rumah tua biasanya memiliki kesan yang cukup mistis dan kehadiran pohon rindang akan membuat kesan itu lebih nyata lagi. Apalagi jika kamu salah memilih pohon perindang, seperti pohon beringin. Dijamin, orang akan berpikir ulang untuk mendekati rumahmu. Sebaiknya, pilihlah bunga dengan warna cerah agar rumahmu terlihat lebih cerah.

  • Menggunakan lampu temaram

Sama halnya dengan pohon rindang, lampu temaram yang kamu gunakan di rumah akan membuat kesan mistis semakin terasa. Jadi hindari penggunaan lampu ini dan pilihlah lampu dengan warna yang lebih terang.

  • Mengganti beberapa komponen

Ada beberapa komponen yang kurang pas jika kamu gunakan di rumah tua, seperti pintu dengan konsep modern, kaca film pada jendela, dan beberapa hal lainnya. Sebaiknya kamu lebih berhati-hati jika ingin mengganti komponen pada rumah agar kesan kunonya tetap ada. Gantilah komponen yang diperlukan saja dan biarkan komponen asli yang memang masih bagus dan layak digunakan. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0