Ini Alasan Mengapa Toko Online Sepi Pelanggan

Tidak semua orang yang berbelanja online itu murni sebagai konsumen. Maksudnya, bisa saja dia juga sebenarnya memiliki sebuah toko online yang artinya dia juga adalah seorang penjual. Yap, fenomena jual beli online ini memang sudah sangat umum dimasyarakat. Terkadang kita bisa menjadi penjual, dilain waktu kita lah yang berada di posisi konsumen. Semua ini bisa terjadi karena adanya paket internet murah dan cepat yang mempermudah seluruh transaksi tersebut.

toko online sepiYup, tanpa adanya koneksi yang cepat dan murah, tentunya berbagai transaksi tersebut akan sulit untuk dilakukan. Namun ternyata, tidak semua orang berhasil loh membuka toko online. Banyak juga dari mereka yang terpaksa harus menyerah, dan menjual berbagai barangnya dengan harga yang cukup murah. Kok bisa yah? Tentunya, hal ini terjadi karena ada beberapa penyebab, antara lain:

  • Harga

Jangan lupa, bahwa konsumen dapat dengan mudahnya berpindah dari satu toko ke toko yang lainnya. Sayangnya, banyak pedagang online yang masih awam belum benar-benar mengerti atau tidak mau tahu mengenai hal ini. Akibatnya, mereka dengan semaunya memasang harga sangat tinggi karena ingin keuntungan besar dalam waktu singkat. Padahal, begitu satu toko terkenal memiliki harga yang mahal, akan sulit untuk membuat konsumen datang kembali meskipun toko tersebut sudah menurunkan harga barangnya.

  • Pelayanan

Penjualan online didasarkan pada rasa percaya. Jika Anda membeli sebuah barang dengan sistem online, tentunya Anda akan mencari toko yang memberi fast response. Dengan begini, Anda akan merasa yakin mudah menghubungi penjual ketika terjadi sebuah masalah. Pada saat Anda berada di posisi penjual, ingatlah hal tersebut dengan baik. Jika memang toko Anda sudah sangat ramai sehingga sering mengalami kendala slow response, jelaskan baik-baik pada konsumen agar mereka mengerti.

  • Pemasaran yang kurang

Ada banyak sekali toko online yang beredar di internet. Jadi, jika Anda ingin toko Anda memiliki banyak pembeli, jangan takut atau ragu untuk memasarkan toko Anda. Bangunlah brand awareness terlebih dahulu pada target konsumen Anda. Setelah banyak yang mengenal Anda dan puas dengan pelayanan Anda, maka pemasaran yang semakin luas akan tercipta dengan sendirinya. Salah satu caranya adalah membuka akun instagram untuk membantu memasarkan produk toko online Anda. Jangan lupa untuk membuat gambar produk Anda semenarik mungkin sebelum di posting di instagram. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0