Jalan-jalan ke Bali ala Backpacker

Siapa yang tak kenal dengan pulau dewata? Banyaknya pantai dan tempat wisata dengan suasana tropis yang eksotis menarik banyak perhatian wisatawan dari mancanegara maupun wisatawan lokal. Banyak orang yang rela menghabiskan berjuta-juta rupiah demi mewujudkan liburan ke bali. Namun siapa sangka, ternyata ongkos untuk pergi ke Bali dari Jakarta ternyata tidak semahal yang kamu kira. Nyatanya, kamu bisa berangkat ke Bali dengan modal uang sebesar dua ratus ribuan saja. Hmm, lebih murah dibanding biaya sewa apartment mega kuningan kamu, kan?

backpacker ke baliNormalnya, jika kamu menuju Bali dari Jakarta menggunakan pesawat, kamu perlu menyiapkan budget untuk harga tiket yang lebih dari satu juta rupiah. Meskipun kamu mendapatkan tiket pesawat promosi, harga paling murah yang bisa didapatkan adalah senilai Rp. 400.000,-. Supaya lebih hemat, cobalah beralih dengan menggunakan transportasi darat seperti kereta api, bis, dan kapal ferry. Memang, perjalanan berikut akan memakan waktu lebih lama daripada menggunakan pesawat. Namun jika kamu pergi bersama kawan-kawan, waktu perjalanan tersebut akan menjadi kenangan yang berkesan dan tak terlupakan loh!

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk pergi ke Bali dengan transportasi darat adalah dengan menggunakan kereta api dari Jakarta ke Yogyakarta. Dari stasiun Pasar Senen menuju stasiun Lempuyangan memakan waktu sekitar 8 jam dengan harga tiket paling murah senilai 120ribu-an. Setelah tiba di Yogyakarta, naiklah kereta api Sri Tanjung ke Banyuwangi dengan tarif yang bisa didapatkan sekitar 100ribu-an. Lalu dari Banyuwangi terdapat bis yang menyebrang ke Gilimanuk dengan menggunakan kapal ferry seharga Rp. 10.000,- saja. Waktu yang diperlukan untuk menyebrang ke Gilimanuk hanya sekitar 30 menit. Total waktu perjalanan yang ditempuh lewat darat dari Jakarta sekitar 18 jam dan ongkos yang dikeluarkan tidak sampai Rp. 300.000,- wow, murah bukan?

Sesampainya di Bali, kamu juga harus pandai memilih penginapan. Disana terdapat bermacam jenis penginapan mulai dari dorm dengan harga murah hingga hotel bintang lima dengan harga jutaan rupiah. Salah satu penginapan yang dianjurkan untuk backpacker adalah penginapan yang terletak di kawasan pantai Kuta di jalan Poppies Lane. Kamu bisa mendapatkan tarif penginapan dibawah Rp. 100.000,- dengan kondisi ruangan yang cukup bersih dan nyaman.

Bagaimana? Masih menganggap liburan ke Bali butuh budget berjuta-juta rupiah? Ambil ranselmu dan persiapkan perjalanan ke Bali tanpa takut menguras kantong! (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0