Jangan Salah Menentukan Premi Asuransi Pendidikan

Semua orang tua pasti menginginkan masa depan yang terbaik bagi anak-anaknya. Untuk itu banyak orang tua yang memperhatikan pendidikan anak. Untuk mewujudkannya, maka orang tua akan selalu berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan anaknya, salah satu yang terpenting yaitu mengenai biaya pendidikan. Bukan rahasia umum lagi bahwa biaya pendidikan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Untuk menjamin pendidikan sang anak di kemudian hari, orang tua kadang memilih menggunakan produk keuangan asuransi pendidikan ataupun tabungan pendidikan.

pilih asuransi pendidikanPada dasarnya asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan memiliki manfaat yang sama, yaitu untuk menjamin pendidikan putra dan putri nasabah. Perbedaannya hanyalah pada pengelolaan dananya. Pada asuransi, dana dikelola dengan cara di investasikan, sehingga nilai akhir asuransi sulit untuk di prediksi, bergantung dari kondisi investasinya. Sedangkan pada tabungan, nilai akhir sudah dapat diprediksi karena Bank hanya menyimpan dan tidak mengelolanya, namun nilai yang diterima pada tabungan bisa jadi lebih sedikit dibandingkan dengan asuransi.

Saat nasabah akan memilih produk asuransi pendidikan ataupun tabungan pendidikan sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu, karena akan bermanfaat dalam menentukan jumlah premi yang akan di ambil:

  • Tentukan tingkatan sekolah yang ingin di cover oleh asuransi. Apakah nasabah ingin mengcover biaya pendidikan anak sejak TK, SD, SMP, SMA atau hanya pada tingkat Perguruan Tinggi. Namun yang harus diperhatikan oleh nasabah, semakin banyak tingkatan yang nasabah inginkan, artinya semakin besar nilai premi yang dibayarkan, mengingat biaya sekolah yang semakin meningkat.
  • Tentukan sekolah mana yang ingin dituju dan perkirakan total biaya yang di butuhkan. Perkiraan kenaikan biaya sekolah yaitu sekitar 10% setiap tahunnya. Setelah mengetahui berapa total biaya yang diperlukan, tanyakan pada agen asuransi produk dengan premi berapa yang paling sesuai dengan keinginan nasabah.
  • Jumlah premi yang dibayarkan harus disesuaikan dengan kemampuan nasabah. Pilihlah sekolah yang berkualitas baik namun masih sesuai kemampuan nasabah, karena pemilihan sekolah ini hanyalah untuk ilustrasi perhitungan.
  • Mintalah ilustrasi secara detail dan jelas mengenai produk asuransi yang akan diambil pada agen asuransi. (Yv)
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0