Jeli dalam memilih Investasi Properti

Meskipun mulai banyak orang yang tertarik berinvestasi jual beli mobil, namun tidak bisa disangkal, investasi properti masih menjadi jenis investasi yang banyak diminati. Berinvestasi pada properti, entah itu dalam bentuk rumah atau unit apartemen, dianggap sebagai sebuah investasi menguntungkan. Mengapa demikian? Pasalnya, harga properti akan terus naik seiring dengan berjalannya waktu dan tidak tersentuh dengan kondisi ekonomi Indonesia. Meski begitu, bukan berarti jenis investasi ini aman dan tanpa risiko. Tetap diperlukan kejelian agar investasi properti kita meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Apa saja yang harus diperhatikan? Ini dia daftarnya:

  1. investasi propertiCek infrastruktur pendukung. Yang dimaksud dengan infrastruktur pendukung adalah elemen-elemen lain yang menopang properti secara keseluruhan. Misalnya saja jalan raya, jalur kereta, ketersediaan fasilitas umum di sekitar properti, dan juga pengembangan wilayah beberapa tahun ke depan.
  2. Ketersediaan fasilitas. Selanjutnya yang harus dipikirkan adalah ketersediaan fasilitas yang ada di sana. Baik itu berupa apartemen atau rumah dalam sebuah kompleks, lihat apa saja fasilitas yang ditawarkan oleh developer. Semakin lengkap fasilitas yang ada di sana, maka semakin tinggi pula nilai jual properti tersebut di masa depan.
  3. Tentukan segmentasi pasar. Tentukan pasar yang ingin dibidik dengan investasi properti ini kelak. Misalnya, jika properti milik kita ingin disewakan, siapa pangsa penyewa yang kita inginkan? Mahasiswa? Pekerja? Atau malah ekspatriat? Nah, menentukan segmentasi pasar ini membuat kita lebih mudah dalam menentukan lokasi investasi.
  4. Harga sebuah properti bisa meningkat jauh jika lingkungan tempat properti ini sangat ramai dan juga kondusif. Hal ini berkaitan pula dengan poin nomor satu, di mana infrastruktur pendukung memainkan peranan penting dalam penentuan harga.

Selain hal di atas, yang paling penting untuk diperhatikan ketika berinvestasi properti adalah melihat reputasi developer yang akan mengerjakan properti kita. Performa serta track record pengembang ini menjadi kunci untuk menentukan apakah kita harus berinvestasi properti di developer tersebut atau tidak. Nah, semoga tips di atas bisa membantu, ya! Selamat mencoba!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0