Kendala yang di Hadapi TV Kabel

Menggunakan TV Kabel sudah menjadi hal yang umum di masyarakat, tidak hanya kota besar seperti bandung saja yang semakin banyak orang berminat untuk menggunakan TV Kabel Bandung, tetapi juga daerah-daerah terpencil. Untuk beberapa daerah terpencil yang tidak dapat di jangkau dengan antena UHF biasa, masyarakat daerah tersebut akan sangat bergantung pada keberadaan TV Kabel di daerahnya. Semakin bertambahnya kebutuhan masyarakat akan produk ini, membuat produsen berusaha untuk terus memperluas jaringannya serta memperbaiki kualitasnya, agar konsumen merasa puas dengan produk yang ditawarkan.

kendala tv kabelNamun ada beberapa kendala yang sering dialami oleh konsumen TV Kabel. Beberapa kendala ini ada yang dapat diatasi dengan mudah, namun ada juga yang cukup sulit dihadapi, biasanya kendala yang sulit diatasi ini berasal dari luar. Beberapa masalah yang dihadapi yaitu:

  • Jangkauan yang terbatas

Karena menggunakan kabel sebagai media transmisi frekuensi radio, maka beberapa daerah yang belum terjangkau pemasangan kabel ini tidak akan bisa menikmati fasilitas TV Kabel ini. Beberapa produsen layanan ini memang terus berusaha untuk memperluas jaringnnya, namun dikarenakan ada proses perizinan perihal pemasangan kabel, serta proses pemasangan kabel itu sendiri membutuhkan waktu, sehingga produsen membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk memperluas jaringannya hingga ke seluruh daerah.

  • Proses Perizinan

Ada beberapa kasus dimana TV Kabel tidak dapat menjangkau suatu daerah terkait masalah perijinan. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan adanya perbedaan kepentingan antara perusahaan TV Kabel dengan Pemerintah setempat yang tercantum pada PerDa. Namun, PerDa sendiri sebenarnya dibuat agar terjadi saling menghargai antar pengelola TV Kabel, dan tidak saling merugikan.

  • Pemadaman Listrik Bergilir

Pemadaman listrik bergilir disuatu daerah menjadi kendala tersendiri bagi produsen maupun konsumen. Ketika listrik yang mati ada pada daerah konsumen, maka hanya konsumen daerah tersebut saja yang tidak dapat menikmati tayangan TV Kabel, namun ketika listrik mati terjadi pada pusat TV Kabel sendiri, maka seluruh konsumen TV Kabel tersebut tidak dapat menikmati tayangan TV Kabel tersebut.

  • Putusnya Kabel Optik

Kabel yang menjadi media transmisi umumnya akan di tanam di dalam tanah, dan ketika melewati laut maka kabel tersebut akan ditanam di dasar laut. Namun, beberapa kasus yang terjadi adalah kabel yang tertanam dalam laut mengalami kerusakan atau putus, bisa akibat terkena jangkar kapal, atau hal lainnya. Tentu saja hal ini harus dapat segera teratasi agar tidak mengganggu kenyamanan konsumen. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0