Kesalahan Yang Tanpa Sadar Dilakukan Saat Mengonsumsi Sayur

Konsumsi Sayur Yang Mengandung Bahan KimiaSaat tengah menjaga kehamilan muda, Anda pastinya akan melakukan berbagai aktivitas yang dianggap akan baik untuk kehamilan dan menghindari hal yang dianggap membahayakan kehamilan. Berbagai informasi bermanfaat yang terkait dengan kehamilan ini bisa Anda dapatkan dari berbagai website seputar kehamilan, misalnya seperti ibudanbalita[dot]com tempat untuk bertanya seputar kehamilan.

Dalam berbagai website informasi seputar kehamilan, banyak yang menyarankan agar Anda sering mengonsumsi sayuran, karena baik untuk kesehatan Anda dan janin. Sayur baik untuk perkembangan janin karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Namun demikian, tanpa Anda sadari, ada hal-hal yang membuat sayur yang Anda konsumsi kehilangan kandungannya. Apa saja sih? Simak hal-hal berikut ini.

  • Memakan sayur dalam keadaan mentah. Banyak yang mengatakan bahwa sayur akan menjadi lebih bermanfaat jika dikonsumsi dalam keadaan segar dan tidak dimasak karena kandungannya tidak hilang. Kandungan nutrisi dalam sayur seperti vitamin, mineral, hingga phytonutrients akan mudah hilang ketika dimasak dalam temperatur tinggi. Akan tetapi, memakan sayuran mentah juga sama tidak bermanfaatnya. Banyak individu yang pada akhirnya mengalami masalah pencernaan karena tubuh mereka tidak bisa menerima sayuran mentah. Solusi untuk masalah ini adalah selalu masak sayuran yang akan Anda masak karena sayuran yang dimasak membuat organ pencernaan Anda lebih mudah mencernanya.
  • Mengonsumsi sayuran beku. Tidak selamanya Anda memiliki waktu luang untuk berbelanja di pasar dan membeli sayuran segar. Untuk itu, sebagai solusinya Anda membeli sayuran beku sebagai persediaan selama seminggu ke depan. Anda pikir, sayuran beku dan segar toh tidak ada bedanya karena sama-sama berbentuk sayuran dan masih bisa dikonsumsi. Salah besar. Sayuran yang sudah dibekukan sudah terkontaminasi dengan zat-zat kimia yang justru malah membahayakan kesehatan Anda. Kandungan nutrisinya pun lambat laun menghilang semakin lama disimpan di dalam mesin pendingin.
  • Memakan sayur dengan cara dijus atau dijadikan smoothies. Membuat jus memang mudah untuk dilakukan apalagi jika Anda adalah tipe orang yang selalu terburu-buru karena dikejar deadline. Tinggal masukan sayur dan buah ke dalam blender, blend hingga rata, dan voila jadilah asupan makanan sehat yang siap dikonsumsi. Tidak salah sebenarnya jika Anda melakukan hal tersebut. Namun demikian, Anda sudah kehilangan bahan penting di dalam sayuran tersebut yaitu serat. Serat menghilang ketika Anda memilih untuk ‘menghaluskan’ sayur alih-alih memasaknya. (Tr)
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0