Manfaat Bermain Drama untuk Anak

Jika anda sedang bingung mencari kegiatan apa yang sesuai untuk anak anda, cobalah menmperkenalkannya dengan dunia teater. Selain belajar menari balet, belajar bahasa inggris anak usia dini, atau belajar bermain musik, bermain drama ternyata memiliki segudang manfaat untuk anak anda dan lebih baik diajarkan semenjak usia dini.

main drama anakBermain drama bukanlah hal yang diutamakan untuk dipelajari di sekolah, namun sebenarnya keahlian untuk berakting merupakan hal yang perlu dimiliki oleh setiap manusia. Masih ingatkah dengan lirik lagu lawas Indonesia yang bercerita bahwa dunia ini adalah panggung sandiwara? ternyata hal itu bukanlah sekedar lirik lagu semata. Secara tidak langsung manusia adalah pemain drama dan dunia ini adalah panggungnya. Oleh karena itu, untuk menghadapai kehidupan, memang diperlukan kemampuan berakting. Agar bisa berakting berarti manusia membutuhkan kemampuan untuk mengendalikan emosi, mengontrol sikap, menjadi pribadi yang kreatif, dan masih banyak lainnya. Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan melalui berakting atau bermain drama seperti di bawah ini.

  1. Sehat Jasmani dan Rohani

Inilah manfaat utama dalam bermain teater. Saat berlatih memainkan drama anak anda juga akan berlatih untuk mengolah rasa dan raga. Olah rasa diperlukan agar pemain bisa mendalami karakter dengan maksimal, sedangkan olah raga juga diutamakan untuk menjaga stamina dan suara pemain drama.

  1. Disiplin

Menjadi pemain teater bukanlah hal yang mudah. Diperlukan ketekunan dan kedisiplinan saat berlatih. Saat latihan drama, anak anda dituntut untuk disiplin mengatur waktu saat datang latihan karena jika anak anda datang terlambat akan mempengaruhi kelancaran latihan drama saat itu.

  1. Pandai Bergaul

Jika anak anda sering berlatih bermain drama, otomatis anak anda siap dan berani untuk tampil di depan umum. Hal ini akan membuat anak anda aktif dalam kehidupan sosial dan pandai berkomunikasi dengan orang lain. Sifat malu, gugup, tegang, atau takut saat bersosialisai akan berkurang seiring dengan meningkatnya kepercayaan diri anak anda.

  1. Kreatif

Saat memainkan perannya, anak anda akan dituntut untuk menghafal dialog dan berimprovisasi dengan perannya agar aktingnya terlihat natural. Hal-hal seperti ini juga akan membiasakan anak anda untuk berpikir lebih kreatif.

Seperti yang telah disebutkan diatas, ternyata bermain teater memiliki banyak manfaat yang berharga untuk diajarkan kepada anak usia dini. Namun sebelum anda menyuruhnya ikut teater, perhatikan apakah ia benar-benar berminat. Jangan sampai terpaksa untuk mengikuti seni teater ya! (Rima)

Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0