Membiasakan Hidup Sehat Sejak Kecil

Membiasakan Hidup Sehat Sejak KecilKetika memiliki anak, tentunya orang tua ingin agar bayi sehat dan selalu terjaga keadaannya hingga ia besar nanti. Ini mungkin mudah dilakukan selama si kecil masih sepenuhnya bergantung pada orang tua, karena kita bisa langsung memonitor apa yang si kecil konsumsi dan kegiatannya sehari-hari. Tetapi, bagaimanakah nantinya ketika dia mulai besar dan semakin sulit untuk orang tua memperhatikan setiap gerak-geriknya?

Mengingat fakta bahwa kita tidak bisa selalu ada di samping anak-anak kita, sangat penting untuk membangun kebiasaan hidup sehat agar si buah hati terbiasa untuk menjalani gaya hidup yang sehat, sehingga ke depannya ia sadar untuk menjaga kesehatan tanpa harus disuruh. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak kepada gaya hidup sehat.

  • Jadilah teladan yang baik bagi anak-anak dan berilah contoh perilaku hidup sehat. Pastikan anak melihat Anda makan makanan sehat dan berolahraga untuk memberikan kesan bahwa kesehatan penting untuk seluruh anggota keluarga.
  • Tetaplah positif dan jangan katakan kepada anak hal-hal yang ia tidak bisa lakukan. Katakanlah kepadanya hal-hal yang bisa ia lakukan, dan sering-seringlah merayakan kesuksesan untuk membantu percaya diri mereka.
  • Rencanakanlah saat-saat ‘aktif’ keluarga secara rutin. Bersepeda, jalan-jalan di taman, berenang, bahkan bermain petak umpet dapat menjadi hobi aktif dan mempererat ikatan keluarga.
  • Batasilah waktu televisi dan komputer, karena ini dapat berujung kepada gaya hidup yang kurang sehat. Maksimal sekitar 2 jam per hari.
  • Doronglah anak untuk menekuni aktivitas fisik atau olahraga apapun yang ia minati.
  • Jadikanlah makan malam waktu untuk keluarga dan libatkanlah anak dalam proses masak-memasak. Ini akan membangun kebiasaan makan yang baik bagi anak.
  • Pupuklah kebiasaan untuk mengecek label nutrisi pada makanan. Dengan kebiasaan ini, anak akan lebih sadar mengenai makanan mereka.

Makanan sehat, olahraga rutin, dan kebiasaan-kebiasaan baik yang dipupuk sejak kecil akan sangat membantu anak untuk dapat hidup sehat hingga mereka dewasa nanti. (Dana)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0