Menari, Bernyanyi, dan Belajar Bahasa Inggris

Menggunakan sebuah program anak untuk membantu proses belajar bahasa inggris anak usia dini sudah umum dilakukan oleh para orangtua. Apalagi, saat ini sebagian besar program atau acara yang ditujukan untuk anak-anak memang berasal dari luar negeri, yang tentunya akan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa percakapannya.

metode belajar bahasa inggrisCara ini, memang terbukti lebih efektif untuk mengajarkan anak dibandingkan dengan mengajarinya secara langsung. Aplagi, anak usia dini masih lebih suka bermain daripada belajar. Bahkan, cara belajar ini bisa dimulai sejak sang anak masih belum bisa berbicara loh. Caranya, yaitu dengan memutarkan acara kesukaan anak secara berulang-ulang. Saat itu, anak mungkin belum bisa bicara untu memberikan respon, tapi setidaknya apa yang didengar oleh anak akan terekam olehnya.

Karena diperdengarkan terus menerus, ketika anak sudah bisa berbicara, anak akan berusaha untuk mengikuti percakapan dalam acara yang ditontonnya. Bahkan, sesekali anak mungkin akan mengikuti  ekspresi dari orang yang sedang berbicara. Semakin bertambahnya umur dan anak mulai bisa aktif bergerak (berjalan dan menari), anakpun akan semakin aktif mengikuti gerakan yang terlihat dari acara yang ditontonnya. Saat inilah, orangtua harus mulai aktif melakukan pengawasan pada anak.

Mulailah untuk memfilter tontonan anak, dan singkirkan tontonan yang mengajarkan anak melakukan gerakan beresiko. Akan lebih baik, jika orangtua memilih acara anak-anak yang dilengkapi dengan  tarian dan nyanyian berbahasa inggris. Agar kegiatan belajar bahasa inggris ini dapat berjalan maksimal, ikutlah menari dan bernyanyi mengikuti gerakan dalam acara tersebut, dan ajaklah anak ikut aktif juga. Pada awalnya, biarkan anak menari dan bernyanyi sesuka hatinya. Abaikan dulu kesalahan pelafalan yang mungkin anak lakukan, karena anak mengucapkan berdasarkan pada apa yang didengarnya.

Setelah anak mulai menikmati, cobalah untuk memperbaiki pelafalan anak dengan menyanyi secara perlahan bersama anak. Hal ini akan membuat anak lebih mudah untuk mendengar kata per katanya, sehingga memudahkannya untuk mengikuti kta tersebut. Jangan lupa juga, untuk menjelaskan makna kata-kata dalam lagu tersebut dengan cara yang menyenangkan. Misalnya melalu gesture tubuh terlebih dahulu.

Selamat menari, bernyanyi dan belajar bersama anak tersayang. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0