Mengapa Menggunakan Jasa Data Center Jakarta?

Kota Jakarta merupakan salah satu pusat perekonomian di Indonesia. Karena itulah, kita akan menemukan banyak sekali gedung perkantoran dengan berbagai bidang bisnis di Kota ini, salah satunya yaitu bisnis data center. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa data center ini, biasanya menawarkan beberapa jenis layanan kepada konsumennya, misalnya saja seperti dedicated server, colocation Jakarta, dan berbagai layanan lainnya. Tentunya, harga yang ditawarkan oleh jasa ini akan berbeda bergantung pada jenis jasa yang dipilih oleh konsumen.

Data Center dan Colocation Jakarta

Jika dilihat dari harga yang harus dibayarkan oleh konsumen, menggunakan jasa data center ini mungkin bisa dibilang cukup tinggi. Namun sebenarnya, jika dibandingkan dengan membangun data center sendiri untuk perusahaan kita, biaya ini tergolong lebih hemat. Apalagi, jika perusahaan kita berdomisili di Jakarta. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menggunakan jasa data center Jakarta:

  • Tidak perlu pusing akan lokasi. Kota Jakarta yang sudah terlalu dipenuhi dengan berbagai pembangunan akan membuat kita kesulitan mencari lokasi yang tepat untuk membangun data center milik kita sendiri. Sementara, untuk membangun sebuah data center dibutuhkan berbagai syarat yang harus terpenuhi, seperti aman dari bencana alam, memiliki listrik yang stabil, memiliki suhu yang dingin, dan jauh dari lokasi yang rawan musibah (misalnya pom bensin). Dengan menggunakan jasa data center, maka kita tidak perlu lagi direpotkan mencari lokasi karena pemilik jasa data center-lah yang akan mencari lokasi yang memenuhi berbagai kriteria tersebut.
  • Fleksibilitas. Ketika sebuah bisnis mengalami suatu kemajuan yang cukup pesat dan harus menambah ukuran server yang dimilikinya, artinya perusahaan tersebut harus memperbesar ukuran tempat penyimpanan server-nya terlebih dahulu. Hal ini tentunya akan membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Apalagi, jika lokasi penyimpanan server yang digunakan saat ini sudah tidak bisa diperbesar, artinya perusahaan harus mencari lokasi baru. Namun, jika kita menggunakan jasa data center, kita hanya perlu menghubungi pihak penyedia layanan untuk menambah kapasitas. Hal ini tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama, sehingga tidak akan menggganggu kegiatan operasional.
  • Hemat waktu. Kondisi kemacetan di Jakarta yang semakin parah, akan menyulitkan staff IT perusahaan untuk menjangkau lokasi data center perusahaan ketika terdapat suatu masalah (jika lokasi data center dan gedung perusahaan terpisah). Sementara itu, server adalah salah satu hal yang harus terus aktif agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Jika perusahaan menggunakan jasa data center dan menemukan sebuah masalah terkait dengan server, perusahaan cukup menghubungi penyedia layanan untuk meminta masalahnya segera diselesaikan. Namun, ini bergantung pada kontrak kerjasama serta jenis layanan yang dipilih oleh konsumen.
  • Sebagai Data Recovery Center. Beberapa tahun belakangan ini, kota Jakarta menjadi langganan banjir yang tentunya akan merugikan bisnis. Bayangkan bila semua data dan sistem perusahaan Anda ikut terendam banjir, sementara bisnis harus tetap berjalan. Inilah pentingnya memiliki Data Recovery Center (DCR) melalui data center. Dengan adanya data center, semua sistem dan data-data perusahaan akan aman tersimpan dan dengan mudah diakses kembali. Sehingga bisnis dapat kembali berjalan dalam waktu cepat. (Yv)
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0