Mengenal Sejarah Excavator

Excavator merupakan salah jenis alat yang pasti ditemukan di perusahaan-perusahaan yang jual alat berat. Excavator atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai ekskavator, merupakan jenis alat berat yang memiliki fungsi untuk menggali tanah atau material. Kendaraan berat ini terdiri dari struktur bagian atas yang terdapat bagian khusus yaitu lengan (arm) yang dilengkapi dengan bucket sebagai alat pengeruk pada bagian ujungnya.

sejarah ExcavatorExcavator pertama kali diciptakan pada tahun 1835 oleh William Smith Otis, seorang mekanik asal Amerika Serikat yang saat itu masih berusaia 22 tahun. Excavator pertama saat itu adalah berupa bucket yang ditarik oleh rantai dan seling yang digerakkan oleh mesin uap. Excavator tersebut hanya bisa berjalan di atas rel kereta api saja.

Berbeda dengan excavator modern yang bisa berputar hingga 360 derajat, excavator saat itu hanya baru bisa berputar sejauh 90 derajat saja. Ukuran bucket-nya pun hanya 1,15 meter kubik saja dan memiliki kemampuan produktivitas penggalian tanah sebanyak 64 meter per jam.

Perkembangan teknologi pun ikut berpengaruh pada perkembangan model dan kemampuan excavator. Excavator saat ini sudah menggunakan mesin yang lebih modern serta dilengkapi dengan tenaga hidrolik yang memungkinkan lengan excavator untuk berputar hingga 360 derajat. Lebih hebatnya lagi, bila awalnya excavator hanya bisa digerakkan di atas rel kereta api, excavator modern saat ini bahkan sudah ada yang bisa dioperasikan di atas air.

Perkembangan excavator modern pun terlihat dari berbagai variasi model bucket yang digunakan. Beragam variasi model bucket ini memiliki fungsi yang berbeda yang bisa digunakan secara bergantian sesuai dengan meda kerja atau material. Excavator bahkan ada yang dilengkapi dengan breaker atau palu pemukul yang berfungsi sebagai pemecah batu.

Perkembangan paling mutakhir dari alat berat ini adalah diproduksinya excavator terbesar yang didistributorkan oleh PT UNITED TRACTORS TBK adalah PC8000-6 dengan  perusahaan pabrikan asal Japan yaitu PT KOMATSU KLTD. Excavator ini memiliki panjang hingga ±15 meter, tinggi 9,8 meter, lebar 8,75 meter,  dan berat mencapai 720 ton. Alat ini dilengkapi dengan bucket berkapasitas 42 meter kubik.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0