Mug Kopi Berkali-kali Tanpa Dicuci dalam Sehari?

Kopi merupakan asupan wajib bagi para pekerja ibukota, terutama mereka yang bekerja di office tower mega kuningan. Coba saja diingat-ingat: berapa banyak kamu mengonsumsi kopi setiap harinya? Dua kali? Tiga kali? Atau bahkan lebih? Ketika baru tiba di kantor, kamu langsung menyeduh kopi agar lebih bersemangat kerja. Menjelang siang hari ketika mata sudah mulai berat, kamu kembali membuat kopi untuk menghalau kantuk. Dan hal ini terus terulang sampai malam hari ketika kamu hendak pulang. Tuh, banyak sekali kan kafein yang masuk ke dalam tubuhmu?

cangkir kopiYang menarik, kamu mungkin akan menggunakan gelas kopi yang sama dengan gelas yang kamu gunakan di pagi hari. Alasannya, karena gelas itu milikmu dan kamu juga tidak ingin memberatkan OB dengan gelas-gelas kopimu yang bertumpuk. Akan tetapi, pernahkah terlintas di benakmu apakah aman menggunakan gelas kopi yang sama berkali-kali tanpa dicuci? Bukankah gelas tersebut akan mengandung banyak bakteri?

Seorang expert dari Baylor College of Medicine, Jeffrey Starke, berusaha menjelaskan fenomena ini. Menurut beliau, jika diteliti gelas kopi yang digunakan berkali-kali akan mengandung banyak bakteri. Akan tetapi, sesungguhnya bakteri ini berasal dari seseorang yang menggunakan gelas tersebut dan bukan dari bekas kopinya. Mengingat bakteri ini berasal dari tubuh kita sendiri, maka imun tubuh kita pun sudah terbentuk sehingga tak akan menimbulkan penyakit pada tubuh. Dengan kata lain, bakteri tersebut tidak membahayakan tubuh kita.

Masalah yang sesungguhnya adalah bekas kopi yang ada di dalam gelas. Pasalnya, kita menggunakan susu, krimer, gula, dan juga kopi ketika meracik minuman. Sisa-sisa minuman yang tertinggal di dalam gelas, jika didiamkan selama beberapa saat akan menimbulkan jamur. Starke mengatakan bahwa tidak masalah jika kita menggunkan gelas yang sama untuk membuat minuman yang sama tanpa dicuci, dengan catatan masih digunakan dalam satu hari yang sama. Jika sudah semalaman, maka gelas akan ditumbuhi dengan jamur dan bisa menimbulkan penyakit.

Starke juga menambahkan bahwa untuk membersihkan gelas kopi, sebaiknya gunakan sponge yang bersih. Sponge mampu membersihkan bagian dalam kopi dengan bersih karena sifatnya yang mampu menjadi magnet bagi bakteri-bakteri.

Semoga membantu, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0