Peluang dan Tantangan Usaha Digital Printing

Semakin banyak orang yang memutuskan untuk berwirausaha maka akan semakin banyak juga yang membutuhkan jasa digital printing. Terutama di kota besar seperti jakarta, dengan ketatnya persaingan di setiap bidang usaha, jasa Digital Printing Jakarta ini sangat bermanfaat untuk memasarkan sebuah produk atau jasa. Usaha ini mulai terlihat banyak dibutuhkan dan dianggap memiliki peluang yang besar untuk dapat sukses, maka tidak heran jika mulai banyak yang membuka usaha ini baik dalam skala kecil maupun skala besar.

mesin digital printingUsaha digital printing merupakan usaha yang tidak akan pernah sepi dari konsumen, karena akan selalu dibutuhkan. Namun walaupun begitu, usaha inipun tetap sama seperti usaha lain yang memiliki tantangan dan hambatannya dari dalam dan luar, antara lain:

• Modal
Jika ingin membuka usaha digital printing dengan skala kecil sebenarnya tidak membutuhkan modal yang cukup besar untuk investasi peralatan yang dibutuhkan, namun dengan jumlah kompetitor yang lebih banyak dibandingkan dengan digital printing skala besar maka promosi serta pemasarannya harus dibuat lebih menarik dibandingkan dengan kompetitor agar konsumen tertarik untuk datang. Sementara jika membuka usaha ini dalam skala besar maka di butuhkan modal yang sangat besar untuk membeli peralatan yang dibutuhkan.

• SDM
Terkadang konsumen yang datang belum memiliki desain untuk gambar yang akan mereka cetak, mereka hanya memiliki bayangan gambar seperti apa yang mereka inginkan untuk di cetak. Jika orang yang mengerjakan dapat mendesain sesuai dengan keinginan konsumen, maka ini akan menjadi sebuah keuntungan. Namun jika hasil yang didapat ternyata jauh dari harapan konsumen karena kemampuan mendesain yang kurang maka konsumen akan kecewa dan mungkin tidak akan datang lagi.

• Persaingan
Persaingan yang sangat ketat membuat pemilik usaha ini harus selalu berhati-hati dalam memperlakukan konsumen, karena jika konsumen merasa kecewa (karena pelayanan, hasil yang didapat, atau sejenisnya) maka konsumen akan mudah untuk berpindah ke tempat yang lainnya.

• Manajemen
Kemampuan manajemen yang rendah akan membuat usaha ini tidak berjalan dengan baik dan justru dapat menghancurkan usaha ini. Kemampuan mengatur karyawan agar dapat bekerja sesuai harapan atau kemampuan mengatur keuangan akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha ini.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0