Pengertian Upload, Download, dan Streaming

Pengertian Upload, Download, dan StreamingBagi pengguna Internet Surabaya atau internet dengan fiber optik lainnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah upload, download dan streaming. Karena, ketiga hal ini adalah aktivitas yang paling sering dilakukan oleh pengguna internet. Namun ternyata, meskipun mereka sering memanfaatkan koneksi internet mereka untuk melakukan hal ini, belum tentu mereka mengetahui apa itu upload, download dan streaming. Nah, supaya kita bisa lebih memahami pengertian dari ketiga istilah ini, yuk kita bahas bersama-sama.

Upload

Pengertian sederhana dari upload yaitu proses mentransmisikan sebuah file ke perangkat lain melalui suatu jaringan. Upload ini bisa dilakukan dengan jaringan intranet maupun internet. Namun, yang paling umum dilakukan oleh masyarakat adalah upload dengan koneksi internet. File akan ditransfer ke dalam database suatu server dan kemudian file tersebut akan dapat dilihat oleh user internet lain. Ada berbagai macam file yang bisa diupload, dari mulai gambar, lagu, video, dan berbagai file lainnya. Salah satu contoh proses upload yang paling umum dilakukan yaitu upload foto atau video ke social media.

Download

Proses download merupakan kebalikan dari upload. Bisa dikatakan, jika upload merupakan proses mengirim, sedangkan download adalah proses menerima. Saat kita melakukan download, artinya kita mengambil sebuah file dari suatu lokasi dan kemudian menyimpannya ke dalam perangkat yang sedang kita gunakan. File bisa didapatkan dari perangkat lain dengan menggunakan jaringan intranet, atau berasal dari suatu website dengan memanfaatkan jaringan internet. Sama seperti upload, file yang dapat didownload bisa berbentuk berbagai file. Beberapa file yang paling umum di download yaitu file lagu (dengan format mp3) atau download film.

Streaming

Berbeda dengan upload dan download yang bisa dilakukan dengan jaringan intranet, pada proses streaming ini hanya bisa dilakukan dengan jaringan internet. Streaming biasanya dilakukan untuk file berbentuk audio atau video. Seperti arti stream dalam bahasa inggris yang berarti mengalir, ketika user internet melakukan streaming maka file tersebut akan terus mengalir atau berjalan tanpa harus menunggu proses download selesai. Hanya saja, ketika melakukan streaming ini koneksi internet harus stabil, karena selama file tersebut dijalankan akan selalu membutuhkan koneksi internet secara aktif. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0