Perawatan Tepat Motor Matic Agar Lebih Awet

Motor matic kini menjadi banyak pilihan yang digunakan masyarakat. Trend motor matic ini semakin berkembang karena penggunaannya yang bisa dibilang mudah. Masyarakat perkotaan yang notabennya memiliki jalanan yang macet sudah pasti memilih motor matic sebagai sarana alat transportasinya. Semakin berkembangnya teknologi serta desain yang semakin menarik dari motor matic ini membuat semakin banyak saja masyarakat yang memilih jenis motor ini.

perawatan motor maticSebagai motor yang bisa dibilang menjadi pilihan masyarakat tentunya motor matic haruslah dilakukan perawatan motor matic agar lebih awet. Penggunaan Oli Motor Matic hingga perawatan lainnya menjadi sangat penting agar motor matic menjadi awet dan selalu dalam kondisi prima. Berikut ini beberapa tips dalam perawatan motor matic agar menjadi awet.

  • Biasakan selalu untuk memanaskan motor sebelum dijalankan. Cukup 3-5 menit untuk membuat memanaskan mesin agar oli atau pelumas pada mesin dapat melumasi seluruh bagian mesin.
  • Lakukan pergantian Oli khusus motor matic setiap penggunaan 2000 KM sesuai dengan batas penggunaan oli. Hal ini sangat mempengaruhi kinerja dan keawetan mesin agar tetap baik.
  • Servis motor matic setiap 2 bulan sekali atau tergantung pemakaian. service yang dilakukan biasanya meliputi pembersihan karburator atau sistem injeksi (pada motor injeksi), busi, filter / saringan udara, aki hingga sistem kelistrikan. Agar lebih aman dan terpercaya sebaiknya lakukan service pada bengkel resmi.
  • Disaat harus mengganti spare part sepeda motor karena umur penggunaan atau rusak, pastikan selalu menggunakan spare part asli sesuai dengan merk jenis motor. Tentunya dengan menggunakan spare part asli akan membuat awet dan terjamin kualitasnya.
  • Ada beberapa bagian vital pada motor matic yang perlu dilakukan perhatian lebih seperti V-belt, roller, klep yang dapat terjadi kerusakan kapan saja.
  • Untuk bagian shock breaker juga perlu diperhatikan. Karena kebanyakan motor matic menggunakan mono shock sehingga beban tertumpu padanya. Lakukan pemeriksaan setiap 10.000 KM dan lakukan pergantian oli shock agar dapat kembali bekerja dengan baik.
  • Dan hal terpenting lainnya dalam merawat motor matic adalah penggunaan dan pemakaian yang tidak ugal – ugalan serta tidak terlalu memporsir sepeda motor terlalu keras sehingga motor dapat lebih cepat rusak.
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0