Rahasia Sederhana Agar Keuangan Tetap Stabil

Beberapa tahun belakangan ini bisa jadi cukup berat bagi sebagian orang, mengingat harga-harga barang dan kebutuhan hidup semakin meningkat. Bekerja keras dengan mencari uang tambahan dapat menjadi salah satu solusi. Namun, tentu saja tak seutuhnya bisa kita andalkan. Kamu tetap perlu beberapa tindakan lainnya untuk agar keuangan tetap stabil meskipun kondisi perekonomian nasional tak stabil.

tips keuanganAda beberapa rahasia yang sebenarnya cukup sederhana – pastilah kamu bisa terapkan. Semoga beberapa tips berikut akan bantu mempunyai kondisi finansial yang baik.

Tips Agar Keuangan Tetap Stabil

  1. Buatlah anggaran per bulan

Tak hanya negara yang memerlukan anggaran, rumah tangga dan kamu secara pribadi juga butuh. Dengan adanya anggaran, kamu bisa mengevaluasi seberap besar pemasukan dan pengeluaran. Kamu pun bisa tentukan pos-pos pengeluaran sejak awal. Sila buat catatan pengeluaran agar kamu bisa menghitung seberapa besar kebutuhan bulanan kamu. Dengan begitu, kamu pun bakal tahu berapa dana yang bisa disisihkan untuk tabungan. Jika kamu nasabah Bank BNI dan menggunakan ibank BNI, langsung saja transfer ke rekening lainnya ketika sudah terima gaji.

  1. Menabung dan investasi

Yap! Kamu telah membuat daftar pemasukan dan pengeluaran. Sudah tahu, ya, berapa dana yang bisa kamu sisihkan untuk ditabung ataupun investasi? Idealnya, sekitar 10% sampai dengan 30%, jika memungkinkan, dapat kamu sisihkan untuk tabungan dan investasi.

Investasi sendiri cukup berbeda dengan tabungan. Apa saja yang dapat kamu investasikan? Yaitu barang-barang atau benda yang memiliki nilai jual cukup lumayan nantinya. Sebut saja tas bermerk dan limited edition, tanah, emas dan banyak lagi contoh investasi lainnya seperti misalnya reksadana, saham dan sebagainya.

  1. Gaya hidup sesuai kemampuan

Yang terpenting adalah sesuaikan gaya hidup kamu dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan melebihi kemampuan kamu yang sebenarnya! Meskipun pada saat itu, misalnya, kamu sedang ‘naik daun’ karena banyak dapat proyek bernilai tinggi. Proyek tak selamanya ada, bukan? Bisa jadi dalam setahun, kamu hanya dapat dua sampai tiga bulan kontrak saja untuk pekerjaan sampingan.

Seberapa besarpun gaji yang kamu miliki kalau kamu tak berusaha untuk tetap sederhana pastilah akan habis. Jadi, meskipun kamu memiliki uang yang banyak, berupayalah untuk tetap bersahaja! Bukan berarti harus jadi pelit melainkan menahan pengeluaran yang sia-sia. Apalagi dengan mudahnya melakukan pembelian sekarang ini, baik itu melalui ibank BNI, BNI mobile banking – bagi kamu nasabah BNI – jangan jadikan kemudahan ini meringankan tangan kamu untuk menghabiskan uang.

Bagaimana kalau kamu sekarang sedang punya utang? Apakah tidak ada tindakan tertentu yang berguna agar keuangan tetap stabil? Ada! Jangan panik, lakukan tips yang sudah disebutkan di artikel ini. Yang pasti jadilah pribadi yang sederhana.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0