Soetjipto Soentoro Legenda Persija yang Kini Disejajarkan Dengan Robert Lewandowski

Portal olahraga di Amerika Serikat menyebutkan salah satu nama pesepak bola legandaris Indonesia, Soejipto Soentoro. Prestasi dan skill pemain bola asal Indonesia ini dikaitkan dengan Robert Lewandowski yang berhasil mencetak 50 gol untuk Timnas Polandia. Rupanya media tersebut sedang menampilkan daftar nama pemain bola top dunia yang berhasil mencatatkan sejarah dengan mencetak 50 gol untuk negaranya masing-masing.

Bagi pencinta bola mania tentu tak asing lagi mendengar Lewandowski. Selain Lewandowski ada juga nama Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic, Ronaldo, dan masih banyak lagi.

Rupanya dalam daftar pemain top tersebut ada nama pemain Timnas Indonesia yang berhasil mencetak 50 gol dalam sejarah perjalanan sepakbola di dunia, Soetjipto Soentoro, legenda Persija Jakarta dan penyerang timnas Indonesia era 1960-an.

Soetjipto SoentoroBila Anda belum mengetahui secara pasti siapa Soejipto Soentoro yang berpengaruh besar terhadap perkembangan sepakbola Indonesia, berikut fakta-fakta menarik tentangnya.

  1. Soejipto Soentoro Sempat Dilarang Bermain Bola

Sang Ayah tidak setuju Soetjipto Soentoro bermain bola. Legenda sepakbola Indonesia ini mengaku sang Ayah adalah bekas pemain klub Setia Jakarta. Namun Soetjipto Soentoro tidak mengerti alasan sang Ayah melarangnya hingga pengurus Setia menemui ayah Soetjipto Soentoro untuk menyakinkan bahwa Soetjipto Soentoro punya bakat. Sayangnya sang Ayah justru mengancam. Soetjipto Soentoro tidak menyerah, ia tetap bermain bola secara sembunyi-sembunyi. Sampai ia berhasil mencetak tiga gol dalam laga Persija vs Persis Solo pada 1959 yang akhirnya membuat sang Ayah berubah pikiran.

  1. Dijuluki Gareng

Gareng, itulah julukan untuk Soetjipto Soentoro karena tidak mempunyai tubuh yang tinggi. Sampai Presiden Ir, Soekarno turut memanggil Soetjipto Soentoro dengan sebutan itu.  “Kau, Gareng, lawan si Belanda itu. Tunjukkan bahwa bangsa Indonesia itu bangsa besar.” Itulah ucapan presiden Soekarno untuk pemain legendaris sepakbola Indonesia ini saat menghadapi Juara Liga Belanda, Feyenoord Rotterdam, 9 Juni 1965.

  1. Top Scorer Timnas Indonesia

Si Gareng yang berbakat ini merupakan top scorer timnas Indonesia. Soetjipto Soentoro mencatatkan diri dengan 57 gol dari 67 pertandingan di kancah inernasional. Bahkan tak jarang saat pertandingan Soetjipto Soentoro bisa mencetak hat-trick atau quad trick dalam satu laga. Bahkan pada Merdeka Games tahun 1969, Soetjipto Soentoro membantai Singapura dengan akhir skor 9-2.

Sampai sekarang Soetjipto Soentoro tetap menjadi legandaris sepakbola Indonesia. Kemampuan dan keahliannya akan selalu menjadi panuta bagi timnas nasional saat ini.

Selain, Soetjipo Soentoro masih ada legenda sepakbola Indonesia lainnya yang bisa Anda temukan di https://www.eyesoccer.id/eyenews. Portal berita bola ini akan menyuguhkan informasi mengenai legenda-legenda sepakbola di Indonesia yang menjadi kebanggaan Indonesia. Dapatkan kabar sepak bola di EyeSoccer sekarang juga.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0