Taiko, Alat Musik Tradisional Khas Jepang

Mungkin banyak yang belum mengenal alat musik bernama Taiko. Wajar saja, karena ini adalah alat musik khas negeri sakura, Jepang. Jadi, kamu tidak akan mungkin menemukan alat musik ini di toko alat musik yang ada di Indonesia. Yah, alat musik tradisional dari Sumatera Utara atau daerah lain di Indonesia saja belum tentu kamu temukan dengan mudah, apalagi alat musik dari negara lain, kan? Meskipun begitu, jika kamu sering datang ke acara festival Jepang, sebenarnya kamu sering melihat alat musik ini, hanya saja mungkin kamu tidak mengetahui namanya.

alat-musik-taiko-jepangTaiko adalah sebuah alat musik tradisional Jepang yang berbentuk seperti drum. Hmm, mungkin kalau di Indonesia terlihat seperti bedug atau gendang ya. Jika diartikan dalam bahasa Inggris, Taiko berarti “Fat Drums”. Namun sebenarnya, saat ini tidak ada ukuran pasti mengenai alat musik ini. Pabrikan yang membuat alat musik ini bisa saja membuatnya berbeda antara satu dengan yang lainnya, begitu pula dengan proses pembuatannya. Saat ini, sudah ada ribuan Taiko Group di Jepang, dan alat musik ini merupakan alat musik Jepang pertama yang terkenal di seluruh dunia.

Menurut situs taiko.com, tidak ada yang tahu pasti mengenai sejarah hadirnya alat musik ini sendiri. Namun, dipercaya bahwa kemunculan alat musik ini juga dipengaruhi oleh Korea dan China. Selain itu, alat musik ini dulu aktif digunakan pada zaman peperangan, untuk mengintimidasi dan menakuti musuh. Pemilihan alat ini karena suaranya yang dapat terdengar di seluruh medan perang. Taiko untuk perang ini digunakan oleh Shingen Takeda, seorang panglima perang yang terkenal saat itu.

Taiko juga digunakan sebagai sinyal suatu keadaan pada sebuah daerah tertentu. Misalnya suatu ketukan Taiko menandakan keberangkatan pemburu, ketukan yang lain menandakan kegiatan lainnya. Alat musik ini juga digunakan untuk memberi peringatan pada penduduk bahwa badai akan datang. Untuk fungsi ini, masyarakat percaya bahwa Taiko dihuni oleh Dewa. Berkembangnya keyakinan ini, membuat Taiko dianggap sebagai suatu benda suci yang hanya boleh dimainkan pada acara keagamaan dan tidak semua orang boleh memainkannya.

Namun, seiring berkembangnya zaman saat ini Taiko terbagi menjadi banyak kategori, berdasarkan pada metode konstruksinya. Dan masih sangat sering dimainkan dalam beberapa acara, bahkan terkadang beberapa konser idol group di Jepang juga menampilkan permainan alat musik ini. Pastinya, dimainkan oleh anggota dari idol group yang konser tersebut. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0