The Maze Tower: Gedung Labirin Unik Dari Dubai

Anda mungkin terbiasa melihat bentuk-bentuk bangunan unik yang ditawarkan pada setiap modern resort residence yang Anda huni. Namun, pernahkah Anda melihat gedung pencakar langit yang tinggi menjulang dan mencuri perhatian karena keunikannya? Adalah The Maze Tower, sebuah gedung dengan labirin vertikal yang memenuhi fasad eksteriornya. Melihat gedung ini, Anda akan diingatkan dengan labirin raksasa dan film box office yang baru-baru ini merajai bioskop seluruh dunia: The Maze Runner.

The Maze Tower Dubai

pic:mazetower.com

The Maze Tower atau Al Rostamani Maze Tower merupakan sebuah gedung pencakar langit yang terletak di Sheikh Zayed Road, Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung labirin vertikal tertinggi di dunia ini berada di jantung Dubai Financial District dan difungsikan sebagai residence dan juga perkantoran. Terdiri atas 57 lantai, gedung ini diresmikan pada tahun 2010 dan masuk ke dalam Guiness World Record. Desainnya dibuat oleh arsitektur kawakan dari Al Rostamani Group yang terkenal dengan desain-desain bangunannya yang out of the box.

Jika diperhatikan, gedung tinggi ini memiliki labirin vertikal yang rumit dan seolah tanpa jalan keluar. Gurat-gurat labirin yang ada di seluruh permukaan gedung ini sesungguhnya hanyalah balkon setiap lantai yang saling terhubung. Fasad eksterior ini terhubung satu sama lain dan membentuk sebuah labirin rumit dengan satu jalan keluar yang ada. Desain labirinnya dibuat oleh Adrian Fisher dan terbuat dari batuan alam yang bernama brazilian verde bahia. Dengan demikian, permukaannya menimbulkan kesan hangat yang tidak bisa Anda dapatkan dari permukaan kaca.

Tidak hanya motif labirin rumit saja yang terdapat di permukaan gedung, The Maze Tower juga menyajikan labirin mini yang terletak di area rooftop gedung. Di tempat ini, Anda bisa merasakan sensasi ‘tersesat’ di dalam labirin dan berusaha mencari jalan keluar. Selain labirin mini, di lantai teratas The Maze Tower juga terdapat kolam renang, gym, dan juga spa. Sementara itu, taman secara khusus ditempatkan pada lantai tengah The Maze Tower. Untuk itu, Anda bisa merasakan keteduhan dan kesejukan di area taman ini.

The Maze Tower dilengkapi pula dengan The Maze Eye, yaitu lingkaran yang terdapat di puncak gedung dan berfungsi untuk menampilkan gambar-gambar animasi ketika malam tiba. Seluruh fasad labirin yang menempel di permukaan gedung juga akan menyala saat gelap karena dilengkapi dengan lampu LED. (Tr)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0