Tips Mudah Cara Merawat Jaket Motor dengan Berbagai Bahan

Sepertinya merawat jaket motor untuk pengendara ialah sebuah ritual wajib yang tidak boleh terlambat dilakukan. Jaket ialah salah satu perlengkapan wajib dan penting untuk pengendara motor. Jaket ini memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari debu dan panas ketika berkendara. Dengan adanya perubahan cuaca, tentu tidak dapat di prediksi kapan perawatan jaket motor untuk biker harus dilakukan. Bila tidak dirawat dengan baik, jaket akan kehilangan fungsinya.

jaket motor

pic:bukalapak.com

Perawatan jaket tentu berbeda-beda. Hal ini bergantung dari bahan. Untuk membersihkan jaket kulit Anda dapat mengelapnya. Pengelapan ini akan menghilangkan noda. Sebaiknya, Anda harus berhati-hati ketika mempergunakan sabun maupun produk pembersih untuk jaket yang berbahan kulit. Bahan ini dapat menjadi kering serta berujung pecah-pecah bila ada sabun yang tertinggal. Jika jaket Anda terlihat begitu kotor serta kotorannya menempel dengan kuat, Anda harus melakukan perawatan yang ekstra. Walaupun tidak terlihat kotor, jaket yang terlampau lama di gunakan dapat berubah kusam da bau. Tumpukan debu pun juga dapat menyelimuti bahannya.

Berikut cara membersihkan jaket motor yang berbahan kulit, antar lain:

  • Pergunakan produk yang lembut sebagai pembersih noda. Anda dapat menggunakan deterjen sebagai pembersihnya,
  • Buat campuran sabun dan juga air,
  • Gunakan kain bersih. Oleskan campuran sabun ke bagian yang bernoda, setelah itu lap dengan menggunakan kain,
  • Lap dengan mengikuti alur dari serat permukaan kulit,
  • Angkat sisa sabun dengan menggunakan kain bersih, pastikan hingga permukaannya benar-benar bersih,
  • Keringkan jaket dengan cara yang alami,
  • Anda dapat mengoleskan cairan seperti cairan pelembut untuk bahan kulit di bagian yang baru saja selesai dibersihkan.

Bila Anda merasa jaket Anda mulai kering untuk beberapa bagian, Anda dapat melakukan perawatan dengan jangka waktu sedini mungkin. Lakukan perawatan sebelum kulit mengalami keretakan. Anda dapat membeli produk perawatan yang khusus dari bahan kulit sebagai melembutkan dan melembabkan bahan. Untuk alternatif, Anda pun dapat menggunakan minyak zaitun yang memiliki fungsi yang sama. Tuang minyak di kain halus dan lap hingga seluruh permukaan jaket. Noda yang baru akan mudah untuk dibersihkan dibandingkan dengan noda lama yang sudah mengering.

Selain jaket kulit, jaket motor memiliki berbagai macam bahan lainnya, seperti:

  • Bahan katun ini ada berbagai macam. Katun yang tipis hingga katun yang tebal. Bahan ini ialah bahan yang paling mudah dilakukan perawatan. Anda dapat mencucinya seperti biasa atau dengan menggunakan mesin cuci. Umumnya jaket yang terbuat dari bahan katun digunakan sebagai bahan pembuatan jaket wanita model terbaru yang simple sekaligus kuat.
  • Biasanya untuk nilon ini dibersihkan dengan cara di cuci, namun tidak menggunakan mesin cuci. Agar lebih awet, ketika melakukan pencucian, Anda dapat mencucinya dengan perlahan.
  • Jaket ini memang jaket yang begitu banyak diminati oleh pengendara. Terlebih ketika digunakan saat turing. Saat mencuci jaket dengan bahan goretex, Anda tidak perlu menggunakan sikat, cukup mengkuceknya di bagian yang kotor.
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0