Tips Pangkas Biaya Operasional IT

Perkembangan dunia digital di Indonesia yang terus membuat memaksa pemilik bisnis harus beralih ke digital dan ini pastinya akan membuat budget operasional membengkak khususnya untuk operasional. Yang namanya urusan IT Infrastructure akan selalu membutuhkan budget yang tidak sedikit dan terkadang budget ini bisa bengkak tanpa disadari.  Namun memang, kini solusi terbaik untuk membantu dalam penghematan anggaran pengeluaran, tentunya sebuah perusahaan harus mulai migrasi ke penggunaan teknologi cloud.

hemat dengan cloudKebutuhan resource untuk data infrastruktur TI tentunya haruslah bagus dan besar dalam menghadapi persaingan di dunia digital yang makin marak. Untuk itu, ada beberapa point yang mestinya perusahaan bisa lakukan demi penghematan budget operasional khususnya untuk IT

  • Memangkas Biaya Operasional TI yang Tinggi dan Tidak Dibutuhkan

Bedasarkan informasi dari berbagai media, rata-rata sebuah perusahaan akan menggunakan sekiat 70% sampai dengan 80% dari biaya yang dianggarkan untuk operasional TI khususnya untuk memastikan sistem semua berjalan dengan baik. Namun dengan adanya kemajuan dalam teknolog cloud, ini akan tentunya akan bantu pengurangan biaa operasional.

Perencanaan untuk budget operasional TI tentu harus dilakukan, namun ini akan sulit tanpa adanya perhitungan dasar plus perbandingan yang dilakukan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk bermigrasi ada baiknya melakukan perencanaan yang benar-benar komprehensif sehingga ini akan lebih menghemat anggaran.

  • Hemat dengan Penggunaan Cloud

Teknologi cloud kini menjadi salah satu platform TI yang user friendly dan murah dari sisi biaya. Meskipun demikian, penggunaan teknologi juga rentan akan malware atau gangguan dari luar yang coba masuk. Sebab itu, penggunaan cloud tetap saja harus selalu dipantau dan diberikan pengamanan sehingga tidak mudah untuk dijebol. Bahkan sekarang sudah ada mengenal hybrid cloud. Sebelum memutuskan menggunakan cloud biasa atau hybrid, kenalin untung rugi hybrid cloud terlebihi dahulu.

Hal Utama dan Penting Hemat Biaya Operasional TI

Semua sistem otomatis dalam TI tentu menjadi hal utama dan terpenting dalam upaya penghematan biaya operasional. Adanya sistem yang menerapkan patch dan updating ini akan mencegah berbagai resiko plus masalah dari biaya operasional bisnis yang akan terus meningkat.  Sehingga dengan adanya penghematan, maka sisa budget bisa dilarikan ke bagian-bagian yang memang membutuhkan support biaya yang cuku besar.

Sudah siap menggunakan sistem otomatis dengan teknologi cloud?

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0