Tips Sebelum Membeli Water Heater

Seperti yang kita ketahui manfaat air hangat dalam menghilangkan pegal – pegal setelah seharian beraktifitas. Mandi menggunakan air hangat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melepaskan kepenatan dan kelelahan pada tubuh. Kini dengan Water heater atau dikenal dengan pemanas air kita dapat dengan mudah mendapatkan air panas saat dibutuhkan untuk mandi. Tanpa harus bersusah payah memasak air, air panas akan selalu siap digunakan untuk mandi.

memilih water heaterBagi yang memiliki rencana untuk membeli dan menggunakan water heater sebaiknya mengetahui pertimbangan untuk membeli water heater. Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan sebelum membeli water heater.

Pertama yang harus diketahui adalah memilih untuk menggunakan water heater listrik atau gas. Kedua jenis water heater ini yang banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Untuk pemasangan water heater listrik dan gas memiliki cara instalasi dan peletakan yang berbeda. Untuk jenis listrik biasanya lebih fleksibel untuk peletakannya dibandingkan gas. Namun perlu diperhatikan untuk penggunaan pada pemanas air ini membutuhkan listrik yang besar.

Selanjutnya pemilihan tipe yang akan dipilih, misalnya water heater dengan penampung / storage, heat pump, tanpa penampung, atau solar water heater yang menggunakan panas matahari untuk menghasilkan air panas. Untuk solar water heater ini membutuhkan tangki penampung untuk menyimpan air panas yang dihasilkan dari tenaga panas matahari. Untuk heat pump tidak membutuhkan tangki penampung karena air akan langsung dipanaskan pada saat digunakan.

Pertimbangkan pemilihan water heater berdasarkan tingkat efisiensinya karena akan lebih menghemat energi dan tentunya biaya. Efisiensi water heater biasanya diukur dengan Energy Factor (EF). Dimana semakin tinggi angka Energy Factor (EF) maka semakin efisien pemanas air tersebut. Namun biasanya pemanas air dengan efiensi tinggi memiliki harga lebih mahal, namun akan lebih hemat pemakaiannya untuk jangka panjang dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Tips terakhir adalah hitung – hitungan mengenai harga dan biaya perawatan. Bandingkan harga dan biaya dari setiap jenis water heater untuk mendapatkan biaya terkecil agar lebih hemat.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0